Komet Bisa Picu Kehidupan di Bumi

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Komet Bisa Picu Kehidupan di Bumi

Komet (Telegraph)

Sabtu, 28 Mei 2016 | 19:42

Analisadaily - Ilmuwan baru saja membuktikan untuk pertama kalinya bagaimana komet bisa memicu kehidupan di Bumi, sebagai blok DNA yang ditemukan di ruang angkasa. Pernyataan ini dikeluarkan setelah ilmuwan menemukan komponen kunci dari sel batuan ruang angkasa.

Komet dianggap berperan penting pada kehidupan Bumi, sebenarnya sudah lama dipercaya. Ilmuwan percaya, komet dan asteroid membawa air, serta asam amino ketika menabrak planet selama fase bombardment sekitar empat miliar tahun yang lalu.

Komet (Telegraph)

Komet (Telegraph)

Sejauh ini, bagaimana peran komet pada kehidupan di Bumi masih sulit dipahami. Tim Rosetta telah mengumumkan penemuan asam amino glisin dan fosfor pada elemen dalam debu yang mengelilingi 67P/Churyumov-Gerasimenko.

Glisin dan fosfor sangat penting untuk struktur DNA, protein dan membran sel. Dilansir dari Telegraph, Sabtu (28/5), glisin dan fosfor pertama kali diambil pada bulan Oktober 2014 dan Agustus 2015, dengan menggunakan Rosetta’s ROSINA instrument, yakni spektrometer massa dan terionisasi molekul dengan massa dan muatan.

"Hasil ini merupakan salah satu hal utama yang kita cari bersama seluruh rekan Rosetta. Ini berarti, komet mengandung koktail dari bahan organik yang jika diberikan dengan volume tepat, bisa membentuk kehidupan. Jadi untuk Bumi, komet memberikan dampak kehidupan," kata salah satu ilmuwan dalam kelompok Rosetta, Dr. Matt Taylor

Petunjuk glisin pertama kali ditemukan selama misi Stardust NASA yang terbang menggunakan Comet liar 2 pada tahun 2004. Komet seperti yang kita ketahui mengandung banyak molekul organik (kompleks), tidak hanya asam amino. Komet mengandung semua bahan yang diperlukan untuk kehidupan termasuk fosfor, kecuali satu hal dan itu energi.

Tidak seperti asam amino lainnya, glisin jadi satu-satunya zat yang terbukti dapat terbentuk tanpa air. Fosfor merupakan elemen kunci dalam semua organisme kehidupan dan ditemukan dalam rangka struktural DNA dan RNA.

Tags :

#Komet #Bumi

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar