Kerangka Manusia Berumur 3,6 Juta Tahun Ditemukan Lengkap

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Kerangka Manusia Berumur 3,6 Juta Tahun Ditemukan Lengkap

Little Foot berusia 3,6 juta tahun (Fox News)

Kamis, 7 Desember 2017 | 11:49

Analisadaily - Peneliti di Afrika Selatan menemukan kerangka manusia paling lengkap yang pernah ditemukan selama ini. Kerangka tersebut merupakan kerangka nenek moyang manusia yang berusia 3,6 juta tahun.

Penemuan Universitas Witwatersrand atas fosil Australopithecus diharapkan dapat membantu peneliti lebih memahami penampilan dan pergerakan leluhur manusia. Peneliti menyebutkan, penggalian fosil menghabiskan waktu selama 20 tahun.

Waktu tersebut termasuk membersihkan, merekonstruksi dan menganalisa fosil yang sangat rapuh. Dilansir dari Fox News, Kamis (7/12), kerangka dijuluki Little Foot karena ditemukan di gua Sterkfontein, sekitar 25 mil barat laut Johannesburg.

"Afrika tidak hanya menyimpan warisan fosil purba untuk orang-orang di seluruh dunia, tapi juga sumber segala hal yang membuat kita lebih manusiawi, termasuk kehebatan teknologi, kemampuan artistik dan kecerdasan tertinggi," kata Robert Blumenschine, kepala peneliti Paleontological Scientific Trust (PAST).

"Ini merupakan pencapaian penting bagi komunitas ilmiah global dan warisan Afrika Selatan. Melalui penemuan penting seperti Little Foot, kita bisa melihat sekilas masa lalu untuk membantu kita lebih memahami manusia," tambah Adam Habib, Wakil Rektor Universitas Witswatersrand.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar