Keempat Kali, Gurun Sahara Dipenuhi Salju

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Keempat Kali, Gurun Sahara Dipenuhi Salju

Gurun Sahara dipenuhi Salju (Huffington Post)

Jumat, 12 Januari 2018 | 11:09

Analisadaily - Warga Ain Sefra, sebuah kota di tepi barat laut di Gurun Sahara, menyaksikan pemandangan menakjubkan dan langka.

Di mana, gurun terlihat diselimuti salju. Padahal, kita tahu, Gurun Sahara merupakan wilayah paling gersang di Bumi.

Ketebalan salju mencapai 16 inci di Ain Sefra. Namun, meleleh dengan cepat. Dalam 37 tahun terakhir, ini keempat kalinya salju turun di Gurun Sahara.

Pada bulan Desember 2016, salju turun untuk pertama kalinya sejak 1979.

Dilaporkan dari Huffington Post, Jumat (12/01), fenomena ini terjadi karena tekanan udara yang tinggi di Eropa, sehingga menarik udara dingin ke Afrika utara.

"Sangat jarang terjadi. Kali ini merupakan salju pertama sejak tahun lalu," kata Michael Mann, seorang profesor sains atmosfer dan direktur Earth System Science Center di Penn State University.

"Meskipun suhu musim dingin di Ain Sefra turun ke suhu 30an, salju bisa saja jatuh di wilayah itu setiap tahun,” kata Kröpelin, seorang ahli geologi Universitas Cologne.

"Sahara sama besarnya dengan Amerika Serikat, dan hanya ada sedikit stasiun cuaca. Jadi konyol mengatakan, ini adalah yang pertama, kedua, ketiga kalinya turun. Karena tidak ada yang tahu berapa kali salju turun di masa lalu kecuali mereka berada di sana,” lanjutnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar