Katak Sudah Ada 200 Juta Tahun Lalu

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Katak Sudah Ada 200 Juta Tahun Lalu

Katak (Luisji Menez)

Jumat, 7 Juli 2017 | 11:33

Analisadaily - Kehadiran katak ternyata telah ada sejak 200 juta tahun lalu. Katak mulai hadir tak lama setelah dinosaurus punah karena ledakan asteroid. Katak memanfaatkan lubang-lubang besar pada ekosistem.

"Katak telah ada selama lebih dari 200 juta tahun. Temuan ini benar-benar talk terduga," kata salah satu pneliti, David Blackburn, kurator asosiasi amfibi dan reptil di Museum Sejarah Alam Florida, Universitas Florida.

Dinosaurus ada selama 175 juta tahun dan dikenal sebagai era Mesozoikum. Lalu, sekitar 65 juta tahun yang lalu, sebuah asteroid besar membuat mereka punah. Beberapa penelitian menunjukkan, keluarga katak, termasuk Hyloidea, Microhylidae dan Natatanura, mulai ada sejak era Mesozoikum.

Blackburn dan rekan-rekannya menganalisis 95 gen dari masing-masing 156 jenis katak yang berbeda. Mereka kemudian menggabungkan data ini dengan data sebelumnya dari 145 spesies katak. Dari data ini, mereka menciptakan sebuah pohon evolusioner yang memetakan sejarah keluarga katak.

Peneliti menemukan, tiga keluarga besar katak hadir pada waktu yang sama. Kehadiran katak yang semakin banyak terjadi pada batas KT (batas antara periode Kapur dan Paleogen). Batas waktu ini adalah batas setelah dinosaurus punah.

Dilansir dari Fox News, Jumat (7/7), Meskipun temuan tersebut bertentangan dengan penelitian sebelumnya, tetap banyak yang percaya akan penelitian ini karena ada begitu banyak lubang di ekologi bumi.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar