Ini Hukuman Bagi Warga Malaysia Yang Hina Negaranya

Penulis: Ria Situmorang

Ini Hukuman Bagi Warga Malaysia Yang Hina Negaranya

Paspor Malaysia (Coconuts Kuala Lumpur)

Kamis, 19 Mei 2016 | 10:47

Analisadaily – Beruntunglah Anda di Indonesia yang bebas berbicara tentang negara dan pemerintahan karena warga Malaysia sampai dengan saat ini masih terkungkung dan belum bisa secara blak-blakan berbicara tentang keterpurukan negaranya.

Menurut situs berita The Star Online, Kamis (19/5), larangan bepergian akan diberlakukan bagi warga negara yang menghina negara tersebut. Warga yang mencerca pemerintahannya selanjutnya akan disebut pelaku kejahatan dan dilarang untuk bepergian keluar Malaysia selama tiga tahun.

“Siapapun yang menghina pemerintahan dan mencerca kerajaan dilarang untuk bepergian keluar negeri,” ujar sumber dari Departemen Imigrasi di Malaysia.

Sumber tersebut menyebutkan aturan ini sudah mulai diterapkan sejak sebulan yang lalu demi untuk mengontrol citra negara tersebut di depan publik dan internasional.

Dirjen Imigrasi Malaysia, Sakib Kusmi juga mengkonfirmasi hal ini sembari menyebutkan, kepemilikan paspor bukanlah kewajiban namun sebuah hak istimewa.

Penetapan aturan ini sendiri menyusul isu simpang siur PM Najib Razak yang disebutkan  terlibat dalam berbagai dalam kasus korupsi dan kejahatan lain. Hal ini seringkali menyebabkan warga Malaysia gerah untuk membicarakan kepemimpinannya. 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar