Ilmuwan Ungkap Misteri Mumi Terkecil di Dunia

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Eka Azwin Lubis

Ilmuwan Ungkap Misteri Mumi Terkecil di Dunia

Mumi kecil koleksi Maidstone Museum Inggris (Fox News)

Senin, 9 Januari 2017 | 11:07

Analisadaily - Para ilmuwan di Inggris tercengang ketika meneliti sebuah mumi terkecil di dunia.

Awalnya, para peneliti menduga mumi kecil itu adalah seekor elang. Namun setelah diteliti lebih mendalam, ilmuwan berhasil mengungkap bahwa itu adalah mumi janin manusia.

Mumi yang merupakan bagian dari koleksi Maidstone Museum, Inggris, diperkirakan berusia 2.300 tahun. Sementara usia janin itu diprediksi hanya 20 minggu saat gugur dari rahim sang ibu.

Hal itu berhasil diungkap setelah para ilmuwan melakukan CT scan terhadap mumi kecil tersebut di Kent Institute of Medicine and Surgery (KIMS) Hospital, Maidstone, Inggris.

"Setelah scan dilakukan di KIMS Hospital, jasad itu ternyata adalah mumi bayi," kata Collection Manager Maidstone Museum, Samantha Harris, dilansir dari FoxNews, Senin (9/1).

"Ulasan awal dari hasil identifikasi, bayi dijadikan mumi pada usia 20 minggu pasca keguguran. Jika benar, maka ini akan menjadi salah satu mumi manusia termuda yang tercatat dalam sejarah dunia," lanjutnya.

Harris turut bersyukur dengan perkembangan teknologi di zaman sekarang yang bisa membantu proses penelitian menjadi lebih ringan.

"Tanpa akses atau bantuan teknologi, mengidentifikasi dan belajar tentang mumi bayi ini mungkin mustahil dilakukan. Sebab tanpa teknologi, mumi bisa saja mengalami kerusakan saat bungkusnya dibuka," tandasnya.

Penemuan ini memicu sebuah spekulasi bahwa mumi tersebut mungkin adalah anak tercinta firaun. Sayangnya, belum ada teori yang mendukung perihal spekulasi tersebut.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar