Ilmuwan Berhasil Ungkap Fosil Cacing Purba

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Christison Sondang Pane

Ilmuwan Berhasil Ungkap Fosil Cacing Purba

Fosil dari cacing purba Websteroprion armstrongi. (Luke Parry/Yahoo Singapore News)

Minggu, 26 Februari 2017 | 18:13

Analisadaily – Sebuah fosil hewan purba yang diduga merupakan fosil spesies cacing laut ditemukan para ilmuwan baru-baru ini. Mereka meyakini, itu adalah spesies baru dari cacing yang pernah hidup 400 juta tahun yang lalu.

Hal ini diketahui karena rahangnya memiliki panjang hingga mencapai 0,4 inci atau 1 centimeter. Bukti itu menunjukkan, cacing purba tersebut memiliki tubuh raksasa.

"Gigantisme pada hewan adalah sifat memikat dan ekologis penting, biasanya berhubungan dengan kelebihan dan dominasi kompetitif," kata pemimpin studi, Mats Eriksson, seorang ahli Paleontologi dari Lund University, Swedia.

“Hal ini, bagaimanapun, kurang dipahami fenomena antara cacing laut dan belum pernah dibuktikan dalam sebuah spesies fosil,” tambahnya dilansir dari Fox News, Minggu (26/2).

Ilmuwan menemukan sisa-sisa fosil dari cacing purba itu tidak di alam liar, melainkan dari sebuah museum. Fosil dikabarkan berasal dari Royal Ontario Museum, Kanada, yang ditemukan oleh seorang peneliti pada 1994.

Dengan penemuan ini, mereka memberi spesies cacing purba baru itu dengan nama, Websteroprion armstrongi. Bagian kedua dari nama tersebut digunakan untuk menghormati Derek K Armstrong yang pertama kali menemukan sampel fosil tersebut.

Sementara bagian nama pertamanya untuk menghormati seorang musisi bernama Alex Webster, pemain bass dari band death metal Cannibal Corpse.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar