Ilmuan Ukur Rasa Bahagia Ikan Lumba-lumba

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Ilmuan Ukur Rasa Bahagia Ikan Lumba-lumba

Lumba-lumba (Pebble)

Kamis, 31 Mei 2018 | 13:09

Analisadaily - Para ilmuwan yang bekerja di penagkaran lumba-lumba di taman laut dekat Paris untuk mengukur bagaimana perasaan bahagia hewan lucu itu selama di sana.

Mereka menemukan, mamalia laut memang paling senang berinteraksi dengan manusia. Artinya, ikatan manusia dan hewan mamalia terbilang baik.

Begitu pula dengan perasaan lumba-lumba. Peneliti utama, Dr. Isabella Clegg bekerja di Parc Astérix, merancang eksperimen untuk memecahkan kode perilaku lumba-lumba.

"Kami ingin mencari tahu kegiatan apa yang paling mereka sukai," kata Dr. Clegg dilansir dari BBC, Kamis (31/5).

Dia menguji tiga aktivitas. Pertama, seorang pelatih datang dan bermain dengan lumba-lumba, menambahkan mainan ke kolam dan membiarkan lumba-lumba bermain sendiri.

"Kami menemukan hasil yang sangat menarik. Semua lumba-lumba berharap dan lebih bahagia bermain dengan manusia dan menambahkan mainan,” tambahnya.

Rasa bahagia lumba-lumba dapat ditunjukkannya dengan aksi mengintip, mata berkedip dan melihat ke arah yang biasanya didatangi oleh pelatih. Lumba-lumba pun lebih aktif bermain.

"Saya pikir lumba-lumba liar lebih bahagia di alam liar, dan lumba-lumba yang lahir di penangkaran jauh lebih bahagia. Mereka lahir di sini. Itu adalah hidup mereka. Prioritas kami untuk menjaga mereka.”

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar