Ilmuan Teliti Kehidupan di Bawah Es Antartika

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Ilmuan Teliti Kehidupan di Bawah Es Antartika

Antartika (Fox news)

Rabu, 14 Februari 2018 | 13:59

Analisadaily - Sebuah gunung besar seukuran Delaware terpisah dari Lack Es Larsen C di Antartika pada bulan Juli 2017. Ketika perpisahan bagian tersebut terjadi, terlihat genangan air yang luas dan dalam.

Bulan ini, tim ilmuwan dari British Antartic Survey (BAS) mulai menjelajah wilayah bawah laut di sana. Peneliti menyelidiki ekosistem misterius yang tersembunyi di balik lapisan es Antartika. Hamparan air terbentang di area seluas 2.246 mil persegi (5.818 kilometer persegi).

"Gunung es A-68 dari Lack Es Larsen C memberi kesempatan unik untuk mempelajari kehidupan laut karena merespons perubahan lingkungan yang dramatis. Penting untuk kami sampai di sana dengan cepat sebelum lingkungan bawah laut berubah seperti sinar matahari. Memasuki perairan dan spesies baru mulai berkoloni,” kata Katrin Linse, dari Survei Antartika Inggris.

Ilmuwan tidak tahu banyak tentang kehidupan yang masih asing di bawah lapisan es Antartika.

Namun, dari dalam es di sekitar Antartika, beberapa makhluk aneh muncul. Misalnya, seekor cacing laut yang hidup di Samudera Selatan.

Salah satu hewan Antartika yang lebih umum adalah ikan esfish yang tidak bisa membeku karena cairan alami dalam darahnya. Ikan bisa bertahan di suhu sangat dingin.

Dilansir dari Fox News, Rabu (14/02), para ilmuwan yang berasal dari sembilan lembaga penelitian akan berangkat dari Kepulauan Falkland pada 21 Februari.

Mereka berencana untuk menghabiskan tiga minggu di atas kapal penelitian BAS, RRS James Clark Ross.

Untuk menavigasi air yang dipenuhi es ke lokasi terpencil, kapal akan mengandalkan data satelit. Begitu mereka tiba, tim berencana mengumpulkan sampel kehidupan (binatang dasar laut, mikroba, plankton dan lainnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar