Ide Baru Untuk Mendinginkan Bumi

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Ide Baru Untuk Mendinginkan Bumi

Bumi (Fox News)

Kamis, 25 Januari 2018 | 14:35

Analisadaily - Sebagai upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di Bumi, banyak ilmuwan setuju untuk meminimalisir penggunaan rumah kaca demi mencegah konsekuensi perubahan iklim.

Meski adanya pengurangan, cara ini dinilai kurang efektif dalam jangka waktu yang singkat. Untuk itu, ilmuwan memiliki ide baru dalam mendinginkan Bumi. Solusinya disebut Geoengineering. 

Ide tersebut dikenal sebagai injeksi stratosfer aerosol. Ide dasarnya melibatkan penyemprotan sekumpulan aerosol ke dalam stratosfer, sehingga partikel reflektif menghalangi dan memantulkan sinar matahari, yang pada akhirnya mendinginkan planet Bumi.

Ini sudah terjadi secara alami melalui letusan gunung berapi. Namun beberapa ilmuwan meyakini, pelepasan aerosol yang terkendali dan terarah bisa menjadi cara yang lebih efisien.

"Misalnya, hanya satu kilogram sumur sulfur yang ditempatkan di stratosfer akan mengimbangi efek pemanasan beberapa ratus ribu kilogram karbon dioksida," kata salah satu peneliti, seperti dilansir dari Fox News, Kamis (25/1).

"Dibandingkan dengan cara mengatasi perubahan iklim yang moderat, penerapan Geoengineering lebih cepat mengurangi pemanasan suhu," lanjutnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar