Hujan Meteor Lyrid Terjadi Pertengahan April

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Hujan Meteor Lyrid Terjadi Pertengahan April

Meteor Lyrid (Fox News)

Sabtu, 7 April 2018 | 12:02

Analisadaily - Langit malam di belahan bumi utara akan berkilauan dengan meteor pada pertengahan bulan ini. Sekitar 16-25 April. Disebut hujan meteor Lyrid, tampilan spektakuler meteor terjadi 10 hingga 20 meteor per jam.

"Jumlah meteor dapat bervariasi, dan sangat jarang terjadi badai. Meteor bisa hingga 20 meteor dalam satu jam. Tahun ini juga relatif bebas dari hambatan cuaca," kata perwakilan menurut NASA dilansir dari Fox News, Sabtu (7/4).

Hujan meteor Lyrid kali tertua terjadi sekitar 2.700 tahun lalu.  Menjadikannya salah satu hujan meteor tertua dalam catatan.

Sebuah meteor terbentuk ketika sebuah meteoroidmemasuki atmosfer Bumi. Begitu puing-puing ruang bersilangan, meteorid hancur menjadi meteor.

Sedangkan meteor Lyrid khususnya merupakan potongan batu kecil yang terlepas dari Comet Thatcher, sebuah komet periode panjang yang mengorbit matahari setiap 415 tahun sekali.

Bumi melintasi jalur Comet Thatcher setiap tahun sekitar April, menyebabkan hujan meteor jatuh dari langit karena bertabrakan dengan remah-remah komet.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar