Hati Seorang Pria Dipenuhi Parasit Akibat Banyak Makan Ikan Mentah

Penulis: Reza Perdana

Hati Seorang Pria Dipenuhi Parasit Akibat Banyak Makan Ikan Mentah

Ikan mentah (Pixabay)

Selasa, 10 September 2019 | 13:59

Analisadaily - Seorang pria yang kebanyakan mengkonsumsi ikan mentah di Provinsi Fujian, China, berakhir dengan hati yang dipenuhi parasit, seperti dilansir dari Asia One, Selasa (10/9).

Pria bernama Lin dikirim ke rumah sakit setelah menderita demam tinggi, muntah, dan batuk parah yang terus-menerus. Menurut ET Today, dia mengalami demam 39 derajat selama hampir 10 hari.

Di rumah sakit, sinar-X kemudian mengungkapkan bahwa hati Lin penuh dengan parasit dan ia didiagnosis menderita Clonorchiasis.

Menurut dokter Lin, penyakit ini disebabkan oleh parasit seperti cacing hati China, yang umumnya ditemukan pada ikan air tawar yang kurang matang.

Larva parasit menetas di usus manusia setelah dimakan, setelah itu mereka menetap di saluran empedu.

Situs web Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa parasit ini memakan empedu dan dapat hidup hingga 20 hingga 30 tahun dalam tubuh manusia.

Lin mengakui bahwa ia telah menikmati ikan mentah secara teratur selama tiga tahun terakhir dan percaya bahwa selama cukup mengolesi mustard, parasit akan mati.

Dokter Lin berbagi bahwa satu-satunya cara untuk menghindari infeksi semacam itu adalah dengan menghindari makan makanan mentah sama sekali. Kalau tidak, sangat penting untuk memperhatikan asal-usul makanan.

Clonorchiasis tidak memiliki gejala yang jelas pada tahap awal, pada saat seseorang mendeteksi gejala seperti demam tinggi, kelelahan dan ketidaknyamanan perut bagian atas, biasanya pada tahap infeksi selanjutnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar