Gigi Hiu Purba Terbesar Ungkap Sejarah

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Gigi Hiu Purba Terbesar Ungkap Sejarah

Gigi Hiu Purba (Fox News)

Sabtu, 11 Agustus 2018 | 13:59

Analisadaily - Seorang pria asal Australia, sekaligus penggemar fosil menemukan sepasang gigi Hiu purba yang telah punah di lepas pantai Surf Coast, Australia. Hiu ini dikenal dengan sebutan Carcharocles angustidens.

Phillip Mullaly mengatakan, dia tidak percaya apa yang dilihatnya. Mullaly tidak sengaja menemukan gigi Hiu tersebut saat berjalan-jalan di pantai. Gigi berukuran 7 cm. Diyakini menjadi pemangsa laut terbesar yang pernah hidup di Bumi.

"Saya sedang berjalan di sepanjang pantai mencari fosil, berbalik dan melihat kilatan yang bersinar di batu. Saya langsung bersemangat, itu sempurna dan saya tahu itu adalah temuan penting yang perlu dibagikan kepada orang-orang,” kata Mullaly.

Hiu Carcharocles angustidens memiliki ukuran badan hingga 30 kaki panjangnya. Menemukan gigi penting untuk memahami bagaimana hiu purba hidup, karena mayoritas tubuh mereka terdiri dari tulang rawan.

Informasi dari tulang rawan tidak begitu memberikan informasi sejarah.

Dilansir dari Fox News, Sabtu (11/8), temuan Mullaly sangat langka, karena sebagian besar fosil hiu terdiri dari satu gigi. Sebagian besar karena hiu terus-menerus kehilangan gigi sepanjang hidup mereka.

“Gigi-gigi ini sangat penting secara internasional, karena gigi ini mewakili salah satu dari tiga pengelompokan gigi Carcharocles angustidens di dunia, dan set pertama yang pernah ditemukan di Australia,” Dr. Erich Fitzgerald, Kurator Senior Vertebrata Palaeontologi di Museum Victoria.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar