Gempa di Gunung Berapi Yellowstone Mencapai 200 Kali

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Gempa di Gunung Berapi Yellowstone Mencapai 200 Kali

 Gunung Berapi Yellowstone (Fox News)

Sabtu, 24 Februari 2018 | 11:25

Analisadaily - Sebanyak 200 kali gempa melanda Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat selama dua pekan terakhir.

Menurut ahli geologi dari taman nasional, 200 gempa dimulai pada 8 Februari dan meningkat pada 15 Februari di sekitar 8 mil (13 kilometer) timur laut Yellowstone Barat, Montana.

Menurut Michael Poland, ilmuwan yang bertanggung jawab atas Observatorium Gunung Api Yellowstone di Vancouver, Washington, aktivitas gempa di Yellowstone merupakan aktivitas biasa. Aktivitas gempa yang banyak bukan pertanda akan ada ledakan besar.

Sebab, hal yang sama pernah terjadi pada September 2017. Saat itu sebanyak 2400 gempa terjadi berulang-ulang.

"Inilah yang dilakukan Yellowstone. Selalu ada gempa sepanjang waktu," kata Poland, dilansir dari Fox News, Sabtu (24/2).

Gempa biasanya memiliki dua penyebab utama. Pertama karena pergeseran pada lempeng tektonik utama dan yang kedua karena gerakan air, gas atau magma di bawah permukaan. Seiring banyaknya sumber air panas dan lumpur, Yellowstone memiliki banyak cairan dan gas di bawah permukaan tanah.

Akibatnya, gempa kecil adalah aktivitas normal di Yellowstone. Biasanya gempa mencapai 1.000 sampai 3.000 kali per tahun. Gempa terbesar yang tercatat terjadi pada tahun 1959 dengan skala 7,3 di Danau Hebgen.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar