Gempa Bumi Terjadi di Bawah Antartika

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Gempa Bumi Terjadi di Bawah Antartika

Antartika (Fox News)

Minggu, 10 Juni 2018 | 12:42

Analisadaily - Para ilmuwan menemukan puluhan bekas gempa bumi yang terjadi di bawah lapisan es antartika.

Untuk membuktikan terjadinya gempa bumi di bawah antartika hampir satu dekade silam, tim ilmuwan menghabiskan waktu selama berbulan-bulan meneliti wilayah Antartika Timur.

Para peneliti percaya, berat lapisan es raksasa di benua tersebut menyematkan kerak di bawahnya dan membuatnya bergerak. Bahkan situs web Survei Geologi AS (USGS) melaporkan, benua tersebut saat ini mengalami gempa yang lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

Hasil penelitian menyebut, Antartika Timur sering mengalami gempa bumi. Peneliti melakukan perjalanan dari satu titik ke titik gempa di seluruh benua. Mereka menyiapkan susunan sensor yang mendeteksi 27 gempa bumi kecil pada tahun 2009, mulai dari magnitude 2.1 hingga magnitude 3.9.

Gempa-gempa ini belum pernah terdeteksi sebelumnya karena tantangan melakukan penelitian sangat dingin.

"Saat ini, gempa berkuran karena kurangnya instrument kepadatan es," kata peneliti utama, Amanda Lough, seorang asisten profesor di Departemen Biodiversitas, Bumi dan Ilmu Lingkungan di Drexel University di Pennsylvania.

"Potongan batu yang besar dan stabil di kerak bumi membentuk inti lempeng tektonik dengan sistem keretakan, atau tempat di mana tekanan planet ini saling tarik menarik," sambungnya, dilansir dari Fox News, Minggu (10/6).

"Antartika Timur memiliki celah yang melintasi wilayah yang dikenal sebagai Pegunungan Subglacial Gumburtsev yang mengalir melalui tengah benua," tukas Amanda.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar