Gawat! Ratusan Trenggiling Ditemukan di Lemari Es

Penulis: Christison Sondang Pane | Editor: Reza Perdana

Gawat! Ratusan Trenggiling Ditemukan di Lemari Es

Trenggiling mati dalam bungkusan plastik siap di kirim (Daily Mail)

Sabtu, 27 Agustus 2016 | 10:35

Analisadaily - Kepolisian Daerah Jawa Timur menyita sebanyak 657 ekor trenggiling di Kabupaten Jombang dalam keadaan membeku di dalam lemari es. Penggrebekan itu juga menangkap seorang pria berusia 55 tahun yang diduga pemilik freezer dan hewan dilindungi tersebut.

Penangkapan dilakukan setelah menerima laporan dari penduduk setempat atas kepemilikan lemari es di sebuah rumah dalam jumlah besar. Tidak berapa lama, polisi langsung menuju lokasi dan menemukan trenggiling siap kirim dalam keadaan mati dan terbungkus plastik.

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (27/8), pemilik rumah yang identitasnya tidak disebutkan ditangkap dan telah ditetapkan sebagai tersangka. Penetapannya jadi tersangka karena kepolisian memiliki bukti kuat dan percaya, tindakan ini melanggar hukum.

Akan tetapi, pria paruh baya itu bersikeras mengatakan trenggiling tersebut bukan miliknya dan ia hanya menyimpannya.

“Tersangka bersikeras, dia mengatakan trenggiling ini bukan miliknya dan dia diminta temannya untuk menyimpan karena memiliki lemari es,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Raden Prabowo Argo Yuwono.

Atas tindakan itu, Raden mengatakan tersangka dapat menghadapi ancaman penjara lima tahun dan denda Rp 100 juta karena melanggar undang-undang perlindungan satwa liar.

Penangkapan trenggiling marak dilakukan karena dagingnya dianggap makanan lezat, dan kulitnya digunakan untuk pengobatan tradisional serta membuat barang-barang fashion, seperti sepatu dan tas. Satwa tersebut juga sering di kirim ke Tiongkok dan negara Asia lainnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar