Gambar Langka Leonardo da Vinci Ditemukan

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Reza Perdana

Gambar Langka Leonardo da Vinci Ditemukan

Gambar sketsa Saint Sebastian karya Leonardo da Vinci. (New York Times)

Selasa, 13 Desember 2016 | 13:03

Analisadaily - Bagi Anda penggemar seni lukis, mungkin Anda tidak asing dengan lukisan Mona Lisa. Ya, itu adalah lukisan maha karya dari pelukis legendaris, Leonardo da Vinci. Masih banyak karya Da Vinci lainnya seperti The Last Supper, Virgin of the Rocks dan sebagainya

Belum lama ini, ditemukan sebuah karya sang maestro lainnya yaitu sebuah sketsa gambar Saint Sebastian yang diyakini sebuah karya yang telah lama hilang. Diklaim, itu merupakan karya pertama Da Vinci yang dikabarkan hilang lebih dari 15 tahun lalu.

Menurut laporan New York Times, gambar tersebut adalah satu dari 14 gambar yang dibawa ke rumah lelang bernama Tajan di Paris, Prancis, pada Maret 2016 lalu oleh seorang pria pensiunan dokter. Gambar-gambar itu dikumpulkan oleh ayah pria tersebut.

Rumah lelang kemudian membawa gambar tersebut ke Department of Drawings and Prints at the Metropolitan Museum of Art di New York, Amerika Serikat, untuk dinilai keasliannya.

“Ini adalah penemuan baru yang menarik dan sangat otentik. Di kedua sisinya mewakili karya sang maestro yang terlihat sosok Saint Sebastian yang diikat ke sebuah pohon, dan dibaliknya tercatat sebuah diagram tentang cahaya dan bayangan yang berhubungan dengan studi optik Leonardo,” kata the Metropolitan Museum of Art dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Fox News, Selasa (13/12).

Meski pihak rumah lelang Tajan enggan membeberkan identitas pria tersebut, gambar yang dinilai seharga $15,8 juta atau setara Rp 210 miliar itu siap untuk dilelang pada Juni tahun depan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar