Foto Terakhir Freddie Mercury Menggambarkan Penderitaannya

Penulis: Eka Azwin Lubis

Foto Terakhir Freddie Mercury Menggambarkan Penderitaannya

Freddie Mercury (Billboard)

Sabtu, 9 November 2019 | 21:51

Analisadaily - Freddie Mercury merahasiakan perjuangannya melawan penyakit AIDS sebelum kematiannya tanggal 24 November 1991.

Freddie akhirnya meninggal di usia 45 tahun. Meski tidak banyak yang tau bagaimana perjuangannya melawan rasa sakit, namun sebuah gambar terakhirnya menyiratkan penderitaan yang ia alami di penghujung hayatnya.

Pentolan Queen itu mengungkapkan bahwa dirinya mengidap HIV hanya 24 jam sebelumnya kematiannya.

Namun dugaan orang mengenai sakit yang diderita Freddie sudah muncul sejak lama. Bahkan ia pernah menjalani uji kesehatan tahun 1986 untuk mengetahui apakah ada virus HIV/AIDS dalam tubuhnya. Sebab saat itu kondisi kesehatannya menurun drastis sehingga Queen harus membatalkan Magic Tour tahun 1987.

Freddie yang bernama asli Farrokh Bulsara, tiba-tiba menjadi seperti pertapa dalam dua tahun sebelum kematiannya. Ia lebih suka bertahan di rumahnya yang mewah di Kensington, London, daripada bergaul dengan selebriti lain di pesta.

Foto-foto terakhir Freddie menunjukkan betapa banyak bobot tubuh yang hilang selama ia mengidap penyakit. Bahkan pada 3 September 1991 dia terlihat berjalan di luar rumahnya. Perawakannya sangat kurus dan nyaris sulit dikenali.

Foto terakhir Fr (Mirror)

Foto terakhir Freddie Mercury (Mirror)

"Kita semua tahu tidak ada banyak waktu yang tersisa," kata personil Queen, Brian May, menceritakan kondisi temannya saat itu.

"Freddie ingin hidupnya senormal mungkin. Dia jelas merasa sangat kesakitan dan tidak nyaman," sambungnya, dilansir dari Mirror, Sabtu (9/11).

"Dia dikejar oleh pers dan orang-orang yang ingin tahu. Dia hanya menginginkan kedamaian dan ketenangan untuk dapat melanjutkan apa yang dia lakukan."

Sementara teman dekat Freddie, Jim Hutton, juga sempat mengambil beberapa foto di taman belakang rumahnya pada 28 Agustus 1991.

Jim kemudian menulis: "Musim panas itu Freddie berpose untuk yang terakhir kalinya - milikku."

Foto Freddie Mercury yang diambil Jim Hutton (Instagram)

Foto Freddie Mercury yang diambil Jim Hutton (Instagram)

"Itu terjadi seperti ini. Aku keluar di taman memotret beberapa bunga mekar penuh dan Freddie berjalan ke arahku. Aku melatih lensanya - dia ingin bergerak sedikit ke belakang sehingga itu tidak close-up. Lalu dia berpose sementara aku mengambil empat foto, dan dia berhasil tersenyum.

Freddie meninggal di rumahnya. Saat itu ada Dave Clark yang sedang menemaninya.

"Para dokter telah pergi, dan kami tahu itu hanya masalah waktu. Kami sendirian, dan ketika dia meninggal, saya turun untuk memberi tahu asistennya dan kokinya," kata Dave.

"Mantan pacarnya, Mary Austin datang, dan aku menelepon orang tua Freddie untuk menyampaikan kabar itu. Dia melihat kedamaian. Tapi itu sia-sia," tukasnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar