Fosil Spesies Baru Dinosaurus Ditemukan Di Utah

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

Fosil Spesies Baru Dinosaurus Ditemukan Di Utah

Dinosaurus jenis Machairoceratops Cronusi (Huffingtonpost)

Kamis, 19 Mei 2016 | 09:34

Analisadaily - Penemuan fosil spesies baru dinosaurus kembali ditemukan di Utah. Bernama Machairoceratops Cronusi, dinosaurus jenis ini memiliki panjang sekitar 26 kaki dengan berat dua ton dan merupakan herbivora.

Jejak pertama ditemukan satu dekade lalu di daerah yang kaya dengan sisa-sisa centrosaurines. Diprediksi, dinosaurus pemakan tumbuhanan ini tinggal di Amerika Utara dan Asia 77 juta tahun yang lalu.

Penemuan fosil dinosaurus dibarengi dengan ilustrasi dari seorang seniman di Machairoceratops. Menurut sebuah makalah ilmiah, spesies ini terdiri dari dua horncores orbital melengkung dan memanjang di bagian kepala atas. 

"Bagian pertama dari spesies Machairoceratops cronusi ditemukan pada tahun 2006. Tetapi penggalian baru diselesaikan selama dua musim, yakni tahun 2007 dan 2009. Proses selanjutnya persiapan laboratorium yang baru selesai beberapa tahun ke depan," kata Patrick O'Connor, seorang profesor ilmu anatomi di Heritage College of Osteopathic Medicine.

Ilustrasi

Ilustrasi Machairoceratops cronusi dari seorang seniman di Machairoceratops. (Huffingtonpost)

Lebih lanjut diketahui, Machairoceratops adalah salah satu dari dua dinosaurus bertanduk baru yang sebelumnya ditemukan di Montana 10 tahun yang lalu oleh seorang kolektor fosil bernama Spiclypeus Shipporum.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar