Fenomena Konsultasi Penyakit Kelamin di Internet

Penulis: Eka Azwin Lubis

Fenomena Konsultasi Penyakit Kelamin di Internet

llustrasi (Shutterstock)

Sabtu, 9 November 2019 | 19:20

Analisadaily - Sebuah penelitian mengamati fenomena 'diagnosis kerumunan', yakni pengguna internet saling meminta saran kesehatan dengan orang asing yang tidak mereka kenal secara nyata.

Dengan melonjaknya jumlah penderita penyakit menular seksual (PMS) di seluruh dunia, ribuan pengguna Reddit (situs web hiburan) kini saling bertukar informasi terkait masalah di alat vitalnya. Mereka lebih mengandalkan informasi dari sesama netizen ketimbang dokter.

Peneliti mengamati fenomena ini berbahaya karena pengguna dapat berbagi cerita, kekhawatiran, dan pertanyaan tentang apa pun yang terkait dengan PMS di media sosial.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan fakta bahwa 58% unggahan di situs tersebut secara khusus meminta saran terkait PMS. Sekitar sepertiga dari unggahan ini turut melampirkan gambar.

Netizen lain tampak bersemangat menawarkan penilaian medis mereka. Alhasil, sekitar 87% unggahan menerima balasan dan 79% mendapatkan komentar dalam 24 jam.

Namun para ahli medis memperingatkan, meskipun diagnosis netizen memiliki daya tarik, akan tetapi saran yang diberikan oleh orang asing di internet banyak mengandung kesalahan.

"Sudah jelas bahwa orang asing di internet tidak akan menjadi dokter terbaik," kata John Ayers, seorang ahli medis di University of California, Amerika Serikat, dilansir dari Livescience, Sabtu (9/11).

Menurutnya netizen di web tersebut yang menawarkan saran tentang PMS tidak memiliki keahlian medis. Mereka hanya yang membagikan deskripsi alat kelamin yang sakit tanpa disertai informasi memadai.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar