Fenomena Bulan Biru Bisa Dilihat Akhir Januari 2018

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Fenomena Bulan Biru Bisa Dilihat Akhir Januari 2018

Super moon (CNN)

Sabtu, 6 Januari 2018 | 13:53

Analisadaily - Pernah mendengar istilah Bulan Biru atau Blue Moon? Fenomena alam menakjubkan ini akan terjadi pada Januari 2018.

Bulan Biru adalah saat dua fenomena bulan penuh terjadi di bulan yang sama dalam satu tahun. Tahun ini, fenomena bulan biru pertama adalah Gerhana bulan terjadi saat bulan masuk ke bayangan bumi dan Supermoon dengan jarak terdekatnya ke Bumi.

Bulan purnama pertama bulan Januari akan berlangsung pada malam tanggal 1 Januari atau pagi hari tanggal 2 Januari, bergantung pada lokasi. Bulan purnama kedua dan gerhana bulan akan terjadi pada malam 31 Januari atau pagi hari tanggal 1 Februari.

Sedangkan Supermoon akan berlangsung pada malam 30 Januari, yang secara teknis satu hari sebelum bulan mencapai puncak gerhana bulan. Dilansir dari Fox News, Sabtu (6/1) masyarakat yang ingin melihat fenomena Bulan Biru harus mengetahui waktu yang pasti.

Di New York, akan terjadi pukul 09.25. Di Inggris, pengamat memastikan terjadi pada pukul 2:24 pagi waktu setempat, dan di Hawaii pada pukul 04:24 pagi.

Tidak setiap wilayah di Bumi dapat melihat Bulan Biru tahun ini karena bulan purnama kedua tidak akan muncul secara teknis di tempat-tempat tertentu sampai 1 Februari. Beberapa wilayah yang tidak dapat melihat fenomena mencakup daerah-daerah di Asia timur dan timur Australia.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar