Es Terdeteksi di Bawah Permukaan Mars

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Es Terdeteksi di Bawah Permukaan Mars

Air es di Mars Terdeteksi (Fox News)

Minggu, 14 Januari 2018 | 11:55

Analisadaily - Banyak volume air es yang cukup besar terdeteksi di bawah permukaan di beberapa wilayah Planet Mars. Es yang baru ditemukan mengandung lapisan yang berbeda.

"Saya tidak terbiasa dengan teknologi ekstraksi sumber daya, tapi ini mungkin informasi yang berguna bagi orang-orang di Bumi," kata peneliti Colin Dundas, dari Pusat Ilmu Pengetahuan Astrogeologi Geologi Survei A.S. di Flagstaff, Arizona.

Dundas dan rekan-rekannya menganalisis foto yang ditangkap selama bertahun-tahun oleh kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) di atas pesawat Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) NASA.

Mereka mengidentifikasi delapan lokasi di mana adanya erosi pada gletser. Beberapa di antaranya membentang 330 kaki (100 meter) atau lebih ke permukaan bawah Planet Merah.

Lokasi-lokasi yang terdapat es dilaporkan curam. Sebab, lereng menghadap kutub di dataran tinggi Mars antara sekitar 55 dan 60 derajat ke utara dan selatan khatulistiwa.

Kemudian, seperti dilansir dari Fox News, Minggu (14/1) instrumen Radar Dangkal yang menembus MRO baru-baru ini menemukan lapisan es yang terkubur menutupi lebih banyak tanah daripada negara bagian New Mexico.

Data HiRISE yang baru dianalisis memberi peneliti lebih rinci mengenai kandungan es tersebut. Penemuan ini adalah eksposur bagus untuk mengetahui tentang struktur 3D es, termasuk bahwa lapisan es yang dangkal dan lapisan yang halus.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar