Dorman Manik dan SRF Isi Soundtrack Film ‘Pariban Idola dari Tanah Jawa’

Dorman Manik dan SRF Isi Soundtrack Film ‘Pariban Idola dari Tanah Jawa’

(Foto: Istimewa)

(rel/rzd)

Selasa, 25 September 2018 | 12:07

Analisadaily - Setelah beberapa lalu mengumumkan teaser poster, film Pariban Idola dari Tanah Jawa juga memperkenalkan soundtrack-nya. Siantar Rap Foundation dipercaya menjadi pengisi original soundtrack untuk film komedi dengan latar budaya batak tersebut.

Siantar Rap Foundation dan Dorman Manik tidak asing dengan cerita ‘pariban’ yang menjadi plot utama film besutan Andibachtiar Yusuf. Film ini merupakan Film Komedi perdana Sutradara Andibachtiar Yusuf dan menjadi kolaborasi keduanya bersama Agustinus Sitorus setelah Love for Sale.

Siantar Rap Foundation atau SRF, group rap yang berasal dari Kota Pematangsiantar. SRF dibentuk pada 16 Agustus 2013. Grup ini mencoba untuk memadukan unsur rap dan musik tradisional Batak, untuk dituangkan ke dalam sebuah album perdana Rap Batak yang dirilis tahun 2014.

Sementara Dorman Manik, solois batak yang tengah naik daun. Music Video dari lagu berjudul Holan di Angan-Angan telah ditonton lebih dari 6 juta kali di YouTube.

CEO Stayco Media dan Produser film Pariban Idola dari Tanah Jawa, Agustinus Sitorus mengatakan, pemilihan Siantar Rap Foundation dan Dorman Manik menjadi pengisi OST didasari pada semangat kolaborasi yang lazim di industri kreatif.

“Film ini didasari semangat memopulerkan budaya batak. Saya tidak bisa sendiri, harus kolaborasi dengan teman-teman orang Batak sesama pegiat seni. Cerita film ini cukup cepat, khas film komedi, sesuai dengan lagu Rap yang dibawakan SRF. Sementara cerita cinta antara Halomoan (Ganindra Bimo) dan Uli (Atiqah Hasiholan) dibingkai melalui lagu cinta yang dibawakan Dorman Manik,” kata Agustinus, Selasa (25/9).

Menjadi pengisi soundtrack film Pariban Idola dari Tanah Jawa merupakan kesempatan yang tidak didapat oleh semua musisi. Dorman Manik mengaku, kebanggan akan budaya batak menjadi alasan utama ikut mengambil kesempatan ini.

“Puji Tuhan lagu yg aku nyanyikan, HOLAN DIANGAN ANGAN, dan satu lagi, HOLAN TU HO, telah ditunjuk jadi OST film ini, yang mengangkat budaya batak, diperankan aktor-aktor keren. Cerita film ini sangat bagus, dijamin bangga akan budayamu, senang, sedih sampai tertawa se-ngakaknya. Dukung generasi muda batak berkarya,” ucapnya.

Selain 2 lagu dari Dorman Manik, Siantar Rap Foundation juga akan menyiapkan 2 lagu untuk muncul di film Pariban dari Tanah Jawa berjudul Pariban dan Boru Ni Raja. Awenz Manurung, salah seorang Anggota Siantar Rap Foundation menuturkan harapannya agar karya kolaborasi ini bisa diterima dengan baik oleh publik.

“Harapannya lagu kami bisa dinikmati pendengar, dan film Pariban Idola bisa memopulerkan budaya Batak. Jadi anak muda Batak bisa bangga akan kebudayaannya lewat lagu dan film yang kami kerjakan bersama. Film ini segar, mengangkat nilai-nilai budaya Batak dari keseharian anak muda yang sering kita alami di keseharian,” tuturnya.

Sinopsis

Film Pariban Idola dari Tanah Jawa bercerita tentang Moan (Ganindra Bimo) sosok pemuda Batak yang sudah lama tinggal di Jakarta. Meski usianya sudah menginjak 37 tahun, tetapi belum punya pacar. Situasi ini membuat ibunya yang bermukim di Samosir pusing dan harus turun tangan. Lalu memaksa Moan untuk mudik dan menikah dengan sepupunya, Uli (Atiqah Hasiholan). 

Setelah menyelesaikan proses shooting pada Maret lalu, film Pariban Idola hingga kini terus membagikan berbagai teaser agar penonton kian penasaran. Stayco Media selaku rumah produksi yang membuat film mencoba untuk menghadirkan film komedi yang juga menyuguhkan keindahan alam Pulau Samosir dan Danau Toba yang kental dengan kebudayaan adat Batak.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar