Dikira Toilet, Seorang Wanita Buka Pintu Darurat Pesawat

Penulis: Christison Sondang Pane

Dikira Toilet, Seorang Wanita Buka Pintu Darurat Pesawat

Pintu darurat pesawat (Ubergizmo)
 

Selasa, 11 Juni 2019 | 10:11

Analisadaily – Membuka pintu darurat pesawat tidak boleh sembarang, dan harus ada instruksi dari awak yang bersangkutan dengan penerbangan. Itupun, baru bisa dibuka saat benar-benar darurat. Namun kejadian di Manchester pekan lalu berbeda, tanpa bertanya lebih dahulu seorang wanita membuka pintu darurat.

Ia membuka pintu itu karena awalnya, ia berpikir, bahwa itu adalah pintu untuk masuk ke toilet. Ketika sudah membukanya, safety shute yang disedikan untuk pendaratan darurat secara otomatis terbentang ke bawah.

Untungnya, perempuan itu membuka pintu saat pesawat masih di landasan. Akibatnya, penerbangan Pakistan Internasional Airlines ‘PK702’ menuju Islamabad itu pun tertunda lebih dari delapan jam.

Sebelumnya, sabuk pengaman yang digunakannya sudah menyala dan itu artinya tidak boleh lagi ke mana-mana karena pesawat akan terbang. Dia membuka pintu L5 di bagian belakang pesawat, sementara pintu toilet berdekatan dengannya.

Dilansir dari Ubergizmo, Selasa (11/6), pihak maskapai pun memberikan penjelasan terkait insiden salah paham ini.

“Seorang penumpang keliru membuka pintu darurat yang menyebabkan slide darurat aktif. Setelah slide evakuasi dikerahkan, penerbangan tidak mungkin lagi dioperasikan. Keberangkatan harus dibatalkan dan penerbangan ditunda selama lebih dari delapan jam. Semua penumpang di turunkan dari pesawat,” kata pihak maskapai.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar