Dikira Punah, Badak Sumatera Ditemukan di Kalimantan

Penulis: Christison Sondang Pane | Editor: Eka Azwin Lubis

Dikira Punah, Badak Sumatera Ditemukan di Kalimantan

Badak Sumatera di kandangkan di Kalimantan (Daily Mail)

Minggu, 27 Maret 2016 | 10:05

Analisadaily - Selama bertahun-tahun, pecinta konservasi lingkungan global (WWF) memperkirakan Badak Sumatera telah punah 40 tahun lalu di Pulau Kalimantan.

Namun siapa sangka, salah satu hewan purba itu kembali ditemukan di Provinsi Kalimantan Timur.

Seekor Badak terjebak dalam sebuah perangkap di daerah dekat operasi pertambangan dan perkebunan. Saat ini, hewan langka berusia enam tahun itu telah diterbangkan ke habitatnya yang lebih aman, yakni hutan lindung di Kalimantan.

Di sana, Badak berbulu itu akan dikandangkan dengan harapan dapat memulai reproduksi populasi barunya.

CEO WWF Indonesia, Dr Efransjah mengatakan, ini merupakan penemuan menarik bagi konservasi dan memberikan harapan baru bagi pecinta lingkungan.

"Kami sekarang memiliki bukti baru. Spesies ini diperkirakan telah punah di Kalimantan. Namun hingga sekarang, Badak ini masih ada dan kami akan melindungi spesies yang luar biasa ini," kata Efransjah dilansir dari Daily Mail, Minggu (27/3).

Mengangkat Badak Sumatera yang terperangkap (Daily Mail)

Mengangkat Badak Sumatera yang terperangkap (Daily Mail)

Badak Sumatera merupakan satu-satunya jenis Badak di Asia dengan tanduk bercula dua dan ditutupi rambut panjang. Saat ini, populasi hewan tersebut telah berkurang dan diperkirakan hanya ada sekitar 100 ekor lagi yang kebanyakan berada di Sumatera.

Salah satu faktor yang membuat Badak semakin berkurang, karena perburuan serta perluasan operasi pertambangan dan perkebunan.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar