"Crack in The Ground” Letusan Empat Lava

Penulis: Nancy Simangunsong | Editor: James P Pardede

Selasa, 8 Desember 2015 | 14:01

Analisadaily - "Crack in the Ground”" adalah retakan vulkanik dengan panjang lebih dari dua mil hingga 70 kaki jauh di danau County, pusat Oregon, Amerika Serikat. Celah membentang diagonal dari tepi barat daya dari Empat Kawah Lava Bidang dengan garis pantai utara prasejarah danau Natal .

Dilansir dari Amusing Planet, Selasa (8/12). Sekitar seribu tahun yang lalu, letusan Empat Lava Kawah  dan aliran lava berikutnya menyebabkan batu basalt retak, membentuk "retak di tanah" atau "The Crack", seperti yang disebut oleh penduduk setempat. Dengan lebar hanya 10-15 kaki terlebar, sepertinya jurang celah, meskipun asal-usulnya adalah gunung berapi.

Biasanya, celah seperti ini akan diisi dengan tanah dan batu oleh proses erosi dan sedimentasi, tetapi karena retak di tanah terletak di daerah gersang. Di beberapa tempat dinding telah merosot, sehingga menjembatani celah dan memungkinkan akses ke bagian yang lebih dalam dari celah itu. Selain mengisi, beberapa retak relatif segar dan ada hingga sekarang nyaris seperti terjadi tak lama setelah pembentukannya.

Di bagian bawah retakan suhunya sekitar dua puluh derajat lebih dingin dari permukaan, dan homesteaders di daerah digunakan pergi ke sana untuk mengadakan wisata, gua paling dalam di mana udara dingin terperangkap, es musim dingin masih dapat ditemukan selama musim panas. Penduduk setempat menggunakannya mengumpulkan es untuk membuat es krim.

Hari ini, seluruh panjang Celah dapat didaki dan ada jejak yang didirikan di sepanjang bagian bawah celah.

Tags :

#Gunung #Letusan

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar