Cara Bahagia Ala Masyarakat Denmark

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Cara Bahagia Ala Masyarakat Denmark

Ilustrasi (Fox News)

Senin, 6 Februari 2017 | 09:29

Analisadaily - Ada berbagai cara untuk menghadirkan kebahagiaan. Nah, bagi masyarakat Denmark cara menciptakan bahagia sangat tidak rumit.

Maka dari itu, tidak heran jika Denmark dinobatkan sebagai negara dengan masyarakat paling bahagia di dunia. Budaya simple menjadi jawabannya. Orang Denmark menyebutnya hygge.

Hygge digambarkan sebagai 'kesenangan jiwa' bagi masyarakat Denmark. Inti dari hygge adalah kebersamaan, relaksasi dan kenyamanan.

Hygge pada dasarnya adalah aktivitas yang sederhana, seperti berpelukan atau berkumpul dengan keluarga. Beberapa aktivitas hygge lainnya meliput hal-hal sebagai berikut:

Menciptakan suasana yang nyaman

Rumah sebaiknya dibuat senyaman mungkin. Anda bisa menikmati kopi sambil membaca koran. Anda juga bisa menyalakan lilin di sebuah ruangan sebagai wadah relaksasi.

Hal-hal yang menenangkan

Apa yang Anda gunakan dalam keseharian sebaiknya juga didukung dengan peralatan yang menenangkan. Misalnya kualitas minuman, selimut yang lembut, kaus kaki wol hangat atau melihat-lihat album foto.

Kerajinan tangan

Merajut dapat membuat diri lebih sabar karena ritme merajut stabil untuk tubuh. Hal ini bisa membantu Anda fokus, namun tetap santai.

"Kerajinan tangan secara umum adalah bentuk hygge, terutama jika Anda melakukannya dengan seorang teman. Beberapa kerajinan lainnya adalah lukisan atau kolase," kata Meik Wiking dari Happiness Research Institute in Copenhagen.

Makanan

Tidak hanya minuman cokelat panas atau teh. Makanan juga menjadi bagian dari hygge seperti cookies, cake dan kue-kue. Wiking menyarankan agar memasak dengan bahan sederhana, bukan membuat pesta makanan.

"Ketika semua orang berkumpul dan memasak bersama-sama, pasti menjadi aktivitas santai," ucapnya, dilansir dari Fox News, Senin (6/2).

Kebersamaan

Kebersamaan adalah bagian terpenting dari konsep hygge. Tradisi berkumpul bersama keluarga dan teman menjadi konsep paling mendasar.

Bersyukur

Hygge dan syukur berjalan beriringan. Filosofi bersyukur untuk hal-hal kecil, seperti naik sepeda menikmati cuaca yang indah atau menonton ulang film favorit Anda merupakan sesuatu yang harus disyukuri.

"Penelitian menunjukkan, orang yang merasa bersyukur tidak hanya bahagia, tetapi juga bisa menghilangkan nilai materialistis, juga pemaaf."

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar