Cangkang Telur Dinosaurus Mirip Burung di Tiongkok

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Cangkang Telur Dinosaurus Mirip Burung di Tiongkok

Cangkang Telur Dinosaurus (Fox News)

Sabtu, 9 September 2017 | 13:59

Analisadaily - Jenis dinosaurus oviraptor dilaporkan mirip dengan burung yang hidup di Tiongkok.

Jenis keduanya diketahui cocok setelah penemuan cangkang telur dinosaurus yang diawetkan di Heuangnia Huangi Oviraptorid. Oviraptor merupakan kelompok dinosaurus yang bertubuh kecil dan pendek dengan paruh ompong.

Warna biru dan hijau pada cangkang telur dinosaurus juga ditemukan pada telur burung modern. Perilaku bersarang dan membuat gundukan pada sarang juga menjadi ciri khas dari tipe dinosaurus ini.

Dua pigmen menghasilkan warna kulit telur. Pigmen Biliverdin menciptakan nuansa biru-hijau, dan protoporphyrin membuat warna cokelat kemerahan.

Para ilmuwan melihat tiga telur oviraptor late cretaceous yang semuanya memiliki warna kehitam-hitaman dan hitam-kecokelatan dipadukan biru-hijau yang sangat halus.

Dilansir dari Fox News, Sabtu (9/9), pemeriksaan kulit telur menunjukkan adanya biliverdin dan protoporfirin. Namun jumlah biliverdin yang secara signifikan lebih tinggi, menunjukkan bahwa telur berwarna solid dan tidak memiliki pola cokelat kemerahan.

Biliverdin dan protoporfirin dikaitkan dengan aktivitas mikroba tertentu. Pengujian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah kehadiran mereka di dalam kulit telur fosil berasal dari mikroba.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar