Bukan Sekadar Tempat Nongkrong, Sejumlah Taman di Jakarta Ini Punya Keunikan

Bukan Sekadar Tempat Nongkrong, Sejumlah Taman di Jakarta Ini Punya Keunikan

Taman Suropati di Jalan Taman Suropati, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

(rzp/csp)

Minggu, 16 Juni 2019 | 12:04

Analisadaily - Jakarta identik dengan bangunan-bangunan beton yang menjulang tinggi. Kepadatan rumah penduduk di tiap sudut sudah bukan pemandangan asing. Belum lagi situasi lalu lintas yang selalu ramai setiap hari. 

Semua hal itu membuat kota metropolitan ini begitu gersang dan terasa kurang menyenangkan. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa pilihan tempat bersantai yang menyegarkan di Jakarta, yaitu taman-taman kota. 

Area hijau ini menjadi lokasi favorit bagi para warga lokal maupun pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati suasana Jakarta dari sudut yang berbeda. Lalu, apa sajakah taman di Jakarta yang kira-kira menarik untuk dikunjungi?

Taman Suropati

Taman Suropati ternyata memiliki jejak sejarah yang panjang. Awalnya, kawasan ini dinamai Burgemeester Bisschopplein. Idenya berasal dari nama Walikota Batavia pada masa itu. Sekitar 1927, sebuah villa mewah dibangun oleh Belanda di sekitar area ini dan disewakan kepada Konsulat Inggris.

Saat Jepang menguasai Jakarta, villa ini beralih kepemilikan dan dihuni oleh Laksamana Muda Tadashi Maeda. Pada 17 Agustus 1945 dini hari, di rumah inilah naskah proklamasi kemerdekaan dirumuskan. Saat ini, villa tersebut diubah menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Sementara itu, area sekitarnya menjadi Taman Suropati.

Dengan sejarah tersebut, tak heran jika Taman Suropati juga dihias oleh keberadaan 6 monumen Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Tiap monumen dirancang oleh seniman dari 6 negara pendiri ASEAN. Seniman Indonesia, Sunaryo, membuat sebuah monumen dengan simbol “Perdamaian”.

Selain itu, kawasan taman ini secara keseluruhan sangat asri dan hijau. Di setiap sudut tumbuh pohon rindang yang menaungi para pengunjung supaya terhindar dari teriknya matahari. Tempat Suropati juga kerap menjadi lokasi berkumpul berbagai komunitas, mulai dari pecinta binatang hingga fotografi.

Taman Cattleya

(Jakarta-tourism.go.id)

(Jakarta-tourism.go.id)

Nikmatilah kesegaran suasana di Taman Cattleya bersama keluarga pada akhir pekan. Niscaya segala kelelahan yang mendera sepanjang minggu akan segera tuntas. Taman Cattleya memang dirancang sedemikian rupa sehingga ideal untuk dikunjungi.

Pada area seluas 3 hektare, ada berbagai jenis tanaman yang tumbuh. Pepohonan berjejer dengan rapi dan indah membuat pemandangan di Taman Cattleya sangat hijau. Selain itu, ada sejumlah fasilitas kebugaran yang dapat digunakan secara gratis oleh para pengunjung.

Taman Mataram

(liburananak.com)

(liburananak.com)

Ruang terbuka hijau lainnya di Jakarta adalah Taman Mataram. Destinasi berupa taman ini terletak di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pepohonan yang tumbuh di dalam area Taman Mataram membuat suasana terasa segar. Itulah sebabnya, tempat ini kerap menjadi arena nongkrong bagi para penghuni ibu kota.

Taman Mataram juga dilengkapi dengan jogging track. Jadi, selain bersantai, ada pula yang menghabiskan waktu dengan berolahraga. Lokasi taman yang berada di pusat kota membuat aksesnya sangat mudah dijangkau.

Masih ada banyak taman hits yang bisa dikunjungi di Jakarta. Tempat-tempat ini menjadi alternatif tempat berkumpul santai bagi keluarga pada akhir pekan. Selain itu, Anda juga bisa bertemu dengan banyak orang dari latar belakang berbeda-beda ketika berkunjung ke sebuah taman.

Nah, jika Anda bukan penduduk lokal, mampirlah sejenak ke salah satu taman ini ketika sedang berlibur di Jakarta. Untuk menuju Jakarta, tidak perlu bingung lagi! Manfaatkan saja tiket murah dari Airy. Ada berbagai maskapai yang bisa dipilih, misalnya dengan membeli tiket Garuda Indonesia.

Selain harga yang terjangkau, Anda juga dapat menikmati fasilitas refund dan rescheduledari Airy apabila mengalami kendala dalam perjalanan. Hal ini sekaligus menjadi jaminan bahwa transaksi yang berlangsung di Airy bukan penipuan dan tidak mengecewakan. Nah, selamat merancang liburan seru ke Jakarta!

(rzp/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar