Boeing Siapkan Jet Hipersonik Berkecepatan Mach 5

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Boeing Siapkan Jet Hipersonik Berkecepatan Mach 5

Boeing Jet Hipersonik (Ubergizmo)

Jumat, 29 Juni 2018 | 14:38

Analisadaily - Pesawat terbang komersial, Boeing, sedang menyiapkan sebuah jet supersonik. Konsep terbaru Boeing benar-benar memberikan berbagai keunggulan pada jet.

Sebab, jet hipersonik mampu menempuh hingga Mach 5 atau 3.836 mil per jam, beberapa kali lebih cepat daripada kecepatan suara. Boeing merilis jet hipersoniknya dengan mengunggulkan fitur konfigurasi sayap delta, dengan sirip belakang ganda, badan ramping, dan bagian depan yang tajam.

Desain di bagian depan yang tajam membantu perjalanan jet pada kecepatan Mach 5 dan dapat menyeberangi Samudra Pasifik hanya dalam tiga jam. Teknisi dan kepala pembuatan hipersonik, Kevin Bowcutt mengatakan, jet hipersonik membutuhkan lebih banyak mesin dan material canggih agar dapat memperoleh kekuatan Mach 5.

“Pesawat ini memungkinkan Anda untuk terbang melintasi lautan dan kembali dalam satu hari. Jadi mengapa melewati batas-batas itu dan mempersulitnya? Dunia tidak cukup besar untuk pergi lebih cepat daripada Mach 5,” kata Kevin, seperti dilansir dari Ubergizmo, Jumat (29/6).

Walau berjenis jet, pesawat ini bisa menampung hingga 100 penumpang dan berlayar di 95.000 kaki di atas permukaan laut, atau lebih tinggi dari Concorde. Namun, jangan berharap melihat pesawat ini dalam waktu dekat, karena membutuhkan waktu hingga 30 tahun untuk mewujudkannya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar