Black Hole Bisa Dilihat dari Bumi Tahun 2018

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Black Hole Bisa Dilihat dari Bumi Tahun 2018

Black Hole (CNN)

Rabu, 20 Desember 2017 | 14:05

Analisadaily - Tahun depan, untuk pertama kalinya kita bisa melihat Black Hole atau lubang hitam yang ada di luar angkasa dari Bumi. Black Hole merupakan pemusatan massa yang cukup besar, sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar pula.

Black Hole akan terlihat secara siluet supermasif di jantung galaksi. Black Hole dengan latar belakang plasma super panas akan memberikan fenomena berbeda.

"Salah satu hal yang sangat bagus tentang ini adalah mengambil gambar cakrawala lubang hitam yang sebelumnya melampaui jangkauan kita. Sudah begitu lama, sehingga menjadi kejutan yang menyenangkan," kata ahli astrofisika Universitas Monash, Profesor Michael Brown.

"Fenomena Black Hole melengkapi penemuan gelombang gravitasi," lanjutnya, seperti dilansir dari Fox News, Rabu (20/12).

Black Hole dapat dilihat melalui teleskop radio skala milimetrik modern. Teleskop radio di seluruh dunia disinkronkan ke arah pusat Bima Sakti. Teleskop mampu menghasilkan resolusi luar biasa, meski dalam jarak yang sangat jauh.

Semua data dari masing-masing teleskop radio telah dikumpulkan. Pengumpulan data berfungsi menyaring gangguan. Black Hole akan terlihat dari jarak 26.000 tahun cahaya. Black Hole yang terlihat di teleskop dikelilingi miliaran bintang di galaksi kita.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar