Bintang Tabby Tak Ada Kaitan dengan Alien

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Bintang Tabby Tak Ada Kaitan dengan Alien

Bintang Tabby (Fox News)

Sabtu, 6 Januari 2018 | 13:35

Analisadaily - Bintang paling misterius di alam semesta, Bintang Tabby, sedikit demi sedikit mulai terungkap. Jika sebelumnya, bintang ini diklaim mulai meredup karena adanya campur tangan alien, maka pengamat memastikan redupnya cahaya bintang tidak ada kaitannya dengan makhluk ruang angkasa.

Dilansir dari Fox News, Sabtu (6/1) meredupnya cahaya Bintang Tabby dikarenakan debu akibat cahaya yang dilihat memiliki intensitas berbeda.

"Debu menjadi alasan mengapa cahaya bintang tampak redup," kata pemimpin penelitian, Tabetha Boyajian, seorang astronom di Louisiana State University.

"Data baru menunjukkan, warna cahaya yang berbeda diblokir pada intensitas yang berbeda pula. Oleh karena itu, bintang sebenarnya tidak buram. Hanya dipenuhi debu," lanjutnya.

Bintang Tabby lebih dikenal sebagai KIC 8462852, terletak sekitar 1.500 tahun cahaya dari Bumi, dan sedikit lebih besar serta lebih panas dari pada matahari. Bintang tersebut ditemukan tahun 2015 oleh tim yang dipimpin Boyajian.

Bintang dilaporkan telah meredup selama lima tahun belakangan. Setidaknya keredupan menurun hingga 22 persen. Untuk mengetahui alasan meredupnya cahaya Bintang Tabby, Boyajian dan timnya mengamati KIC 8462852 sejak Maret 2016 sampai Desember 2017, menggunakan beberapa teleskop di Observatorium Las Cumbres.

Mereka melihat dan menganalisis empat peristiwa peredupan yang berbeda yang terjadi pada musim panas 2017. Hasil baru menjelaskan data konsisten dengan kelompok penelitian lain yang menyimpulkan, Bintang Tabby dikelilingi awan debu setiap setiap 700 hari Bumi.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar