Bintang Proxima Centauri Berpotensi Miliki Kehidupan

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Bintang Proxima Centauri Berpotensi Miliki Kehidupan

Ilsutrasi (Ubergizmo)

Kamis, 25 Agustus 2016 | 08:43

Analisadaily - Perkembangan ilmiah menunjukkan bintang katai merah seukuran Bumi yang mengorbit Matahari bernama Proxima Centauri dan berada di posisi 4,2 tahun cahaya atau 26 triliun mil.

Bintang yang berada di rasi Centaurus ini dinyatakan memiliki kehidupan karena adanya air dan unsur penting lain yang dibutuhkan manusia.

Proxima Centauri tidak terlalu jauh dari matahari dan disebut Zona Goldilocks. Menurut laporan Ubergizmo, Kamis (25/8), para peneliti masih mengamati bintang Proxima Centauri dan mencari bukti-bukti kehidupan lain karena bintang ini cenderung membanjiri setiap sensor cahaya yang kita miliki.

Sebab itu, cukup sulit untuk menentukan Proxima Centauri layak ditinggali atau tidak. Ada beberapa metode untuk mendeteksi planet-planet. Salah satunya dengan melihat tetes reguler di tingkat kecerahan bintang yang mungkin menunjukkan ada sesuatu dalam orbit yang melintas di depannya.

Metode lainnya adalah dengan melihat daya tarik gravitasi antara bintang dan planet. Proxima Centauri sendiri lebih redup daripada Matahari sehingga Zona Goldilocks terletak dekat dengan orbit.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar