Bentuk Air Mata yang Sesungguhnya

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Bentuk Air Mata yang Sesungguhnya

Berbagai jenis bentuk air mata (Telegraph)

Senin, 29 Februari 2016 | 10:27

Analisadaily - Dari kasat mata, air mata terlihat hanya seperti air bening yang menetes dari mata. Bentuk yang sesungguhnya lebih dari itu. Seorang ilmuwan dan fotografer Belanda, Maurice Mikkers, mencoba mengungkapkan bentuk dari air mata sesungguhnya dari sebuah penelitian.

Setelah melakukan apa yang membuatnya penasaran, dia bahkan membuat kita akan terkejut dengan apa yang terlihat. Bentuk air mata yang dilihat dari sebuah mikroskop memperlihatkan struktur berbeda. Mirip dengan kepingan kristal salju.

(Telegraph)

(Telegraph)

Air mata dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni basel, yang selalu hadir dan memastikan bola mata selalu lembab, air mata refleks yang terjadi ketika sebuah benda asing masuk ke mata, dan air mata emosional yang mengalir saat kita sedih, marah atau kesal.

Untuk mengetahui apakah ada perbedaan dalam ketiga jenisnya, Mikkers mengumpulkan air mata dari beberapa orang. Ternyata, ada pola berbeda dari setiap jenis air mata.

"Semua air mata mengandung berbagai zat biologis, termasuk minyak, antibodi dan enzim tersuspensi dalam air garam. Saya memutuskan untuk memulai eksperimen dengan teman-teman dekat. Saya meminta mereka untuk datang dan memilih cara mereka sendiri untuk menangis," kata Mikkers, seperti dilansir dari Telegraph, Senin (29/2).

"Pilihan mereka secara sukarela dapat dibagi antara memotong bawang, makan cabai, melihat ke kipas atau menangis karena kesedihan atau kebahagiaan. Untuk melihat apakah ada kemiripan atau perbedaan dalam struktur air mata, saya mengambil gambar dari setiap tetes air mata di bawah mikroskop."

Air mata diletakkan menggunakan mikropipet, kemudian ditempatkan pada slide mikroskop. Butuh beberapa waktu untuk mengkristal, kemudian Mikkers mulai mengambil gambar dan membandingkannya.

"Struktur dilihat di bawah mikroskop dan gambar yang terlihat karena sebagian air mata mengkristal. Di mana air mata yang mengering dapat menyebabkan bentuk dan formasi berbeda. Jadi, saya pikir perbedaan dalam air mata bukan dilihat dari faktornya, tetapi hanya menunjukkan komposisi air mata itu sendiri."

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar