Benda Misterius Berukuran 13 Kali Jupiter Ditemukan

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Benda Misterius Berukuran 13 Kali Jupiter Ditemukan

Benda misterius (Fox News)

Jumat, 10 November 2017 | 13:22

Analisadaily - Penemuan benda-benda asing sering dilakukan beberapa tahun belakangan. Setelah beberapa bintang yang dinyatakan bisa menjadi tempat pengganti Bumi, kini para peneliti menemukan benda misterius yang ukurannya 13 kali lebih besar dibandingkan Planet Jupiter.

Benda misterius ditemukan setelah terlihat leh teleskop ruang angkasa Spitzer infra merah milik NASA.

Dengan menggunakan teknik yang disebut micro-lensing, yang mengukur distorsi dalam cahaya saat sebuah bintang melintas di depan yang lain, para ilmuwan dapat menemukan benda misterius tersebut.

Benda berjarak 22.000 tahun cahaya dari Bumi dan mengorbit bintang induknya kira-kira setiap tiga tahun sekali. Dijuluki OGLE-2016-BLG-1190Lb, benda itu diperkirakan 11 kali lebih besar dibandingkan diameter Bumi.

"Kami melaporkan penemuan OGLE-2016-BLG-1190Lb menggunakan  lensa mikro Spitzer. Ukuran objek yang besar membuat ilmuwan tidak yakin apakah itu adalah planet yang humungous atau bintang yang gagal,” kata salah satu peneliti.

"Massa planet menempatkannya tepat pada batas pembakaran deuterium, yaitu batas konvensional antara planet dan brown dwarfs," tambahnya, seperti laporan dari Fox News, Jumat (10/11).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar