Australia Tak Masuk Laporan Perubahan Iklim PBB

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

Australia Tak Masuk Laporan Perubahan Iklim PBB

Terumbu Karang (BBC)

Jumat, 27 Mei 2016 | 17:31

Analisadaily - Australia harus menelan ‘pil’ pahit dari keputusan PBB yang membuat negara ini tidak bisa masuk ke dalam laporan perubahan iklim PBB. Artinya, semua referensi dampak perubahan iklim pada situs Warisan Dunia di Australia telah dihapus dari laporan PBB.

Sebuah draft laporan yang berisi tentang Great Barrier Reef dan referensi untuk Kakadu dan Hutan Tasmania tidak menjadi pembicaraan lagi. Tapi, Departemen Lingkungan Hidup Australia meminta agar UNESCO melihat berkas itu lagi.

Tidak jelas mengapa PBB membatalkan membahas dan memasukkan laporan perubahan iklim milik Australia, namun yang pasti, seperti laporan dari BBC, Jumat (27/5), keputusan ini berdampak pada pariwisata negeri tersebut.

“Secara khusus, World Heritage Committee hanya menilai selama enam bulan. Kemudian memutuskan untuk tidak menyertakan Great Barrier Reef di daftar perubahan iklim yang berbahaya,” kata perwakilan Australia.

Prof Will Steffen, seorang profesor emeritus di Universitas Nasional Australia dan kepala Dewan Iklim Australia, mengatakan masih bingung dengan penilaian pihak PBB. Padahal, mereka sudah memberikan banyak data tentang kerusakan karang di Great Barrier Reef.

"Saya tidak mengerti sama sekali. Saya pikir itu adalah laporan yang sangat seimbang. Tidak ada dalam laporan yang belum diketahui. Tidak ada substansi mengarah ke salah satu dari argumen mereka. Mereka tidak menyebutkan sama sekali bahwa Great Barrier Reef mungkin terdaftar sebagai lokasi terancam punah,” kata Steffen.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar