Atta Halilintar dan Ria Ricis Meraih Diamond Award Pertama dari YouTube

Atta Halilintar dan Ria Ricis Meraih Diamond Award Pertama dari YouTube

Atta Halilintar dan Ria Ricis raih Diamond Award Pertama dari YouTube. (FOTO: Istimewa).

(rel/rzd)

Jumat, 22 Februari 2019 | 14:33

Analisadaily - Atta Halilintar dan Ria Ricis telah dikenal sebagai kreator YouTube Indonesia yang memiliki ciri khas masing-masing dalam kontennya. Selama bertahun-tahun, keduanya telah bekerja keras untuk mengeksplorasi konten baru dan mengembangkan basis penggemar mereka hingga akhirnya kanal mereka mencapai 10 juta subscribers.

Merayakan pencapaian penting untuk ekosistem kreator YouTube, Atta Halilintar dan Ria Ricis adalah 2 kreator independen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yg mendapatkan Diamond Award.

Atta Halilintar mengawali kanal YouTube nya pada tahun 2014 dengan menghadirkan beragam konten seputar travel. Anak sulung dari keluarga Halilintar atau yg lebih dikenal sebagai ‘Gen Halilintar’ ini merupakan salah satu kreator yang juga sukses merambah ke dunia bisnis.

Bagi Atta, 10 juta bukan hanya sekedar angka, perjalanan untuk meraih ini tidaklah instan, dibutuhkan kerja keras, disiplin dan konsistensi hingga di posisi saat ini. Prestasi ini meyakinkannya, bahwa melalui YouTube dapat terus memberikan konten, menciptakan lapangan kerja.

“Maupun inisiatif lainnya yang dapat menginspirasi dan membawa berkah bagi orang banyak,” kata Atta Halilintar, Jumat (22/2).

Selain Atta, Ria Ricis merupakan kreator independen wanita pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang mencapai 10 juta subscriber di YouTube. Berawal dari berbagi cerita seputar mainan favoritnya, sekarang Ria Ricis juga menampilkan konten yang lebih variatif dan merambah ke dunia bisnis dan layar lebar.

“Suatu kebanggaan tersendiri bisa menjadi kreator wanita pertama yang mencapai 10 juta subscribers. Saya harap akan lebih banyak lagi kreator wanita maupun kreator lainnya yang terus berbagi cerita dan memanfaatkan teknologi dan platform seperti YouTube untuk menyuarakan pendapat dan mencapai cita-cita mereka,” ucap Ria Ricis.

YouTube Creator & Artist Development Manager untuk India & SEA, Rajant Meshram mengatakan, ini merupakan peristiwa penting bagi seluruh ekosistem kreator YouTube di Indonesia dan Asia Tenggara.

“Atta dan Ricis adalah salah satu bukti dari komunitas kreator YouTube yang terus berkembang di Indonesia yang terus mendorong perubahan, berbagi cerita dan pendapat, dan menemukan kesuksesan di YouTube,” sebutnya.

Beragam dukungan dan inisiatif telah dilaksanakan oleh YouTube di Indonesia guna mendorong kreativitas juga memberikan kesempatan untuk kreator dari seluruh penjuru Indonesia untuk menyuarakan cerita/ pendapat dan menunjukkan bakat mereka.

Dukungan diantaranya adalah inisiatif peningkatan keterampilan untuk 12 kreator terpilih yang dinamakan program YouTube NextUp; dan juga menyediakan wadah untuk komunitas kreator untuk berkolaborasi yang dilengkapi dengan fasilitas produksi konten yang berkualitas melalui inistiatif YouTube Pop-Up Space.

Perkembangan YouTube di Indonesia Alami Kemajuan Pesat

Hingga saat ini, perkembangan YouTube di Indonesia mengalami kemajuan pesat. Jumlah pemegang Gold Award makin bertambah, sebanyak 85 lokal kreator yang sudah mencapai 1 juta subscribers, meningkat sebanyak 17 dari tahun lalu.

Lebih dari 1700+ kanal yang telah meraih 100 ribu subscribers, meningkat dari hanya 680 pada tahun lalu. Setiap minggunya, ada 3 channel kreator berhasil melewati 100 ribu subscribers.

Seiring dengan pertumbuhan komunitas kreator yang pesat di Indonesia, YouTube juga terus bekerja sama dengan para kreator untuk terus meningkatkan Pedoman Komunitas (Community Guideline) agar lebih jelas dan konsisten.

“Kami merasa terhormat dan senang memiliki antusiasme dan komunitas yang besar di Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus memastikan bahwa YouTube adalah tempat terbaik bagi masyarakat Indonesia untuk mendengarkan, berbagi, dan menciptakan komunitas melalui cerita Anda,” tutup Rajant.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar