Asteroid Terbesar Dekati Bumi Besok Malam

Penulis: Lely Novita

Asteroid Terbesar Dekati Bumi Besok Malam

Ilustrasi (The Science Explorer)

Jumat, 30 Oktober 2015 | 21:13

Analisadaily - Para ilmuwan memprediksi asteroid terbesar yang pernah mendekati Bumi akan melayang tepat di malam Halloween.

Sebenarnya, asteroid besar ini sudah dijuluki dengan nama Asteroid ‘Great Pumpkin’ atau ‘Spooky’. Tapi pada kenyataannya, ilmuwan mengenal asteroid raksasa ini dengan sebutan 2015 TB145, dan akan mendekati Bumi pada Sabtu (31/10) malam nanti.

Ilustrasi Asteroid (Gizmodo)

Ilustrasi Asteroid (Gizmodo)

Dikenal dengan nama 2015 TB145, asteroid ini berada sekitar 400 m (1.300 kaki) dari Bumi, dan jarak ini masih lebih jauh dari jarak bulan ke Bumi (ANTARA, Jumat (30/10)) atau berada di luar orbit Bulan.

“Lintasan 2015 TB145 dipahami dengan baik,” kata Paul Chodas, manajer Center for Near Earth Object Studies di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California, dilansir dari The Science Explorer, Kamis (29/10).

“Pada titik pendekatan terdekat, itu tidak lebih jauh dari sekitar 300.000 mil – 480.000 km atau 1,3 jarak lunar. Meski jarak ini relatif dekat dengan standar langit, asteroid akan terlihat samar. Jadi para pengamat langit-malam Bumi membutuhkan setidaknya teleskop kecil untuk melihatnya.”

()

Perkiraan jarak lintas asteroid (The Science Explorer)

Beberapa ilmuwan sangat tertarik pada asteroid karena karakteristik khas tertentu, seperti orbit lonjongnya yang berada di bawah bidang dari sistem tata surya kita dan berkecepatan 35 km (22 mil) per detiknya. Itu adalah waktu yang luar biasa cepat untuk sebuah asteroid.

Tidak seperti asteroid, komet adalah kimia aktif. Karena orbitnya mendekati matahari, sebuah komet akan menguap, mengeluarkan ekor debu dan gas. Sedangkan asteroid adalah tubuh bebatuan yang tidak aktif.

Jika 2015 TB145 adalah sebuah komet, Lance Benner dari Laboratorium Propulsi Jet NASA mengatakan, ini akan menjadi pertama kalinya radar Goldstone mencitrakan sebuah komet dari jarak yang cukup dekat.

Komet sendiri diyakini banyak orang sebagai pembawa molekul organik pertama ke Bumi, yang membantu mendorong kehidupan seperti saat ini. Begitu juga asteroid, namun mereka juga menghadirkan bahaya yang sangat nyata untuk kehidupan di Bumi.

()

Ilustrasi komet. (kids.t-online.de)

2015 TB145 ditemukan pada 10 Oktober 2015 oleh Program Near-Earth Object Observation (NEOO) yang didanai NASA, yang juga sering disebut ‘Spaceguard’.

Program NEOO melacak semua asteroid dan komet yang ditakdirkan akan melewati lebih dari 30 juta mil Bumi. Berdasarkan teleskop tanah dan berbasis ruang, ilmuwan NEOO memetakan jalur prediksi benda-benda ini dan menentukan apakah mereka mengancam planet atau tidak. Sejauh ini, tak ada satupun asteroid yang bersifat mengancam.

Jika Anda mengarahkan angle lensa Anda ke langit besok malam, Anda akan bergabung dengan para fisikawan lainnya yang juga bersemangat untuk mencoba peruntungan mereka dari kesempatan langka ini.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar