Asteroid Bentuk Cerutu Terobos Tata Surya

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Asteroid Bentuk Cerutu Terobos Tata Surya

Oumuamua (Fox News)

Senin, 27 November 2017 | 14:10

Aanalisadaily - Para astronom menggunakan teleskop Pan-STARRS1 di Hawaii untuk memeriksa beberapa antariksa. Ternyata, mereka menemukan benda misterius yang menerobos tata surya kita pada 19 Oktober lalu.

Benda asing diketahui sebuah asteroid berbentuk cerutu yang berasal dari ruang antar bintang. Objek ini pada awalnya dianggap sebagai komet kuno, namun pengamatan menunjukkan, asteroid berbentuk aneh tersebut adalah asteroid dari sistem bintang lain.

"Selama beberapa dekade kami memiliki teori tentang benda-benda antar bintang ada di luar sana. Sekarang, untuk pertama kaliny, kami memiliki bukti langsung keberadaan mereka," Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains NASA.

"Penemuan bersejarah ini membuka jendela baru untuk mempelajari pembentukan sistem tata surya di luar jangkauan,” tambahnya, seperti laporan dari Fox News, Senin (27/11).

Asteroid tersebut diberi nama Oumuamua dan istilah ilimiahnya adalah 1I / 2017 U1. Oumuamua diperkirakan berukuran panjang 1.300 kaki (400 m). Terbuat dari bahan logam. Asteroid Oumuamua masuk ke lingkaran tata surya dengan mengelilingi matahari sejak 9 September.

Dia terus bergerak dan berada pada jarak 124 juta mil (200 juta kilometer) dari Bumi. Kemudian, asteroid menjauh dengan kecepatan sekitar 85.700 mph (137,900 km / jam).

"Ini adalah objek yang sangat langka," astronom Ralf Kotulla, dari University of Wisconsin-Madison.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar