Asal Suara Misterius Dari Dalam Laut Ditemukan

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

Asal Suara Misterius Dari Dalam Laut Ditemukan

Laut (Mirror)

Senin, 19 Desember 2016 | 08:47

Analisadaily - Para ilmuwan bingung selama bertahun-tahun oleh hipnosis dari suara misterius di dalam laut Arktika Kanada. Setelah melakukan penelitian, suara misterius ternyata berasal dari Pasu Minke. Tipe paus ini sebelumnya memang belum pernah terdengar atau diketahui oleh banyak orang.

Pertama kali suara terdengar di Mariana Trench bagian timur dari Guam pada tahun 2014. Kemudian terdengar kembali di beberapa bagian Kanada dengan frekuensi dari 38 hingga 8.000 hertz. Dilaporkan dari Huffingtonpost, Senin (19/12), penelitian belum sampai pada penerjemahan suara dan makna dari suara paus.

"Ini sangat berbeda dari semua paus yang ada," kata pemimpin peneliti, Sharon Nieukirk di Oregon State University Hatfield Marine Science Center.

"Apa yang membuat panggilan ini khusus karena suara semacam memiliki suara metalik dentingan. Suara ini mengerang diikuti harmonisasi dan modulasi amplitudo, dan diikuti oleh nada frekuensi logam,” tambahnya.

Data lebih banyak diperlukan, termasuk genetik, akustik dan identifikasi visual untuk mengkonfirmasi spesies dan mendapatkan wawasan untuk apa suara ini dilakukan oleh Paus Minke. Jika suara digunakan untuk panggilan kawin, maka sangat tidak mungkin terjadi sepanjang tahun.

Lima bagian suara diketahui berudrasi 2,8-3,5 detik. Ini diidentifikasi selama musim gugur 2014 dan musim semi 2015. Kemudian, suara mereka khusus untuk daerah tertentu. Suara ini memancarkan apa yang peneliti sebut sebagai boings di Pasifik Utara dan menggunakan frekuensi rendah di Atlantik.

"Kami perlu untuk menentukan seberapa sering panggilan terjadi di musim panas dibandingkan musim dingin, dan seberapa luas panggilan ini didistribusikan."

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar