Arti Warna Dasar Sampul Paspor

Penulis: Ria Situmorang | Editor: Eka Azwin Lubis

Arti Warna Dasar Sampul Paspor

Ilustrasi (AsiaOne)

Sabtu, 12 Maret 2016 | 08:46

Analisadaily - Mengapa sampul paspor Warga Negara Indonesia berwarna dasar hijau? Dan kenapa pula Warga Negara Singapura memiliki paspor dengan warna dasar merah? Apakah ada arti di balik warna dasar pada paspor yang dipegang setiap warga negara di dunia?

Jawabannya adalah Ya. Terdapat 199 jenis paspor yang ada di seluruh dunia dengan warna dasar sampul yang hanya terdiri dari empat jenis, merah, hijau, biru dan hitam.

Standarisasi dari International Civil Aviation Organization memiliki format dan ukuran paspor sendiri yang layak digunakan masing-masing negara.

Menariknya, setiap warna yang dipilih memiliki makna budaya berbeda dan cukup signifikan.

Dilansir dari Asia One, Sabtu (12/3), berikut adalah penjelasannya:

1. Merah

Warna merah biasanya dipakai oleh pemegang paspor dengan paham negara komunis atau negara dengan warna dasar kebangsaan merah seperti Tiongkok, Rusia, Singapura dan Swiss.

2. Hijau

Hijau biasanya dipakai oleh negara Islam atau negara dengan populasi masyarakat yang mayoritas beragama Islam seperti Indonesia, Arab Saudi, Iran dan Pakistan.

Nuansa hijau dipercaya sebagai pilihan atas warna favorit Nabi Muhammad SAW.

3. Biru

Warna biru identik dengan 'dunia baru' yang biasanya digunakan oleh pemegang paspor negara di kontinen Amerika seperti Amerika Serikat, Kanada dan Panama.

4. Hitam

Sampul paspor berwarna hitam biasanya dimiliki oleh para diplomat dan konsulat. Namun bukan berarti meraka harus berada dalam suatu organisasi diplomatik seperti WHO, FAO, UNICEF dan sebagainya.

Beberapa negara yang menggunakan paspor hitam juga didefinisikan sebagai negara maju. 

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar