Apa Artinya Reformasi Jika Soeharto jadi Pahlawan?

Penulis: Christison Sondang Pane | Editor: Reza Perdana

Apa Artinya Reformasi Jika Soeharto jadi Pahlawan?

Soeharto (Daily Mail)

Rabu, 1 Juni 2016 | 21:44

Analisadaily - Kalangan aktivis hak asasi manusia dan netizen kembali berang saat ada wacana yang akan mengangkat Presiden kedua Indonesia, Soeharto, menjadi pahlawan nasional. Pengangkatan pahlawan di Indonesia dilakukan setiap memperingati Hari Pahlawan pada bulan November.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (1/6), salah satu netizen mengungkapkan kekesalannya lewat media sosial Twitter. Pengguna akun dengan nama Yunantyo tersebut marah ketika mendengar isu itu.

“Apa arti dan tujuannya gerakan refromasi Mei 1998, jika Soeharto akan dianugerahi gelar pahlawan nasional,” kata Yunantyo.

Bukan hanya netizen yang gusar mendengar wacana tersebut, pegiat hak asasi manusia juga memberikan komentarnya terhadap wacana akan mengangkat mantan pemimpin selama 32 tahun di Indonesia itu. Direktur Eksekutif Imparsial, Al Araf, mengecam jika Soeharto diangkat jadi pahlawan.

“Saya tidak berpikir ini benar, karena Soeharto dituduh melanggar hak asasi manusia selama rezimnya berlangsung,” ucap Al Araf.

Ia menilai, pada masa kepemimpinan Soeharto, banyak aktivis yang dihilangkan, diculik dan hingga sekarang tidak diketahui keberadaannya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar