Aneh! Danau ini Muncul di Tengah Gurun

Penulis: Christison Sondang Pane | Editor: Reza Perdana

Aneh! Danau ini Muncul di Tengah Gurun

Warga yang berenang di danau (Amusing Planet)

Selasa, 3 November 2015 | 12:38

Analisadaily - Pernahkah Anda membayangkan di tengah gurun yang kering ada sebuah danau? Jika hal itu terlalu mengada-ngada, hal inilah yang telah ditemukan oleh Mehdi Bilel ketika pulang dari acara pernikahan di bagian utara Tunisia.

Dilansir dari Amusing Planet, Selasa (3/11) pada saat menemukan danau yang terletak sekitar 25 Kilometer dari Kota Gafsa itu, Mehdi mengaku jika ia tidak pernah melihatnya, dan sangat terkejut dengan keberadaan danau tersebut.

Mehdi sempat tertegun dan diam di pinggir danau yang panjangnya 10 sampai 18 meter. Tidak lama kemudian, berita penemuan danau itupun tersebar dan langsung dikunjungi puluhan bahkan hingga ratusan orang.

Warga beramai-ramain mengunjungi dan berenang di danau (Amusing Planet)

Warga beramai-ramain mengunjungi dan berenang di danau (Amusing Planet)

Danau penemuan Mehdi itu diberi nama 'Lac de Gafsa' atau 'Pantai Gafsa'. Penduduk setempat juga mengatakan danau yang tiba-tiba muncul itu adalah danau misterius, karena asal pembentukannya hingga kini tidak diketahui dengan jelas.

Sumber mengatakan penjelasan yang paling mungkin adalah ketika terjadi gempa, bebatuan sekitar gurun itu pecah kemudian mengeluarkan air. Danau misterius itu hingga kini menjadi daya tarik utama untuk dijadikan tempat berenang.

Danau di tengah gurun (Amusing Planet)

Danau di tengah gurun (Amusing Planet)

Namun, berenang di danau itu kabarnya beresiko karena airnya terkontaminasi zat kimia seperti fosfat. Karena pada tahun 1886 wilayah tersebut merupakan kawasan industri pertambangan. Senyawa fosfor digunakan untuk memproduksi pupuk, pestisida dan deterjen.

Bukan hanya itu, air danau juga tiba-tiba berubah warna dari jernih, biru hingga kehijauan. Melihat keadaan itu, kantor Keamanan Publik di Gafsa memperingatkan penduduk setempat untuk tidak berenang di danau. Tetapi, hanya sedikit penduduk yang mematuhi peringatan tersebut.

Tags :

#Danau #Gurun

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar