Aktivitas Gunung Agung Terus Meningkat

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Aktivitas Gunung Agung Terus Meningkat

Gunung Agung (BBC)

Sabtu, 23 September 2017 | 10:20

Analisadaily - Pemerintah Indonesia mengeluarkan peringatan berstatus berbahaya pada aktivitas Gunung Agung. Dilaporkan dari BMKG setempat, aktivitas magma Gunung Agung sudah naik ke permukaan. Sekitar 10.000 orang telah dievakuasi.

Masyarakat juga sudah diminta berada pada radiud sembilan kilometer dari Gunung Agung. Guncangan dalam satu hari belakangan sudah sering terjadi dan aktivitas seismik terus berlanjut. Dilaporkan dari BBC, Sabtu (23/9), lebih dari 1.000 orang meninggal saat Gunung Agung meletus pada tahun 1963.

"Tidak boleh ada aktivitas pada radius 9 kilometer dari Gunung Agung,” kata Sutopo Purwo Nugroho dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia.

Bandara internasional Bali di Denpasar sejauh ini masih beroperasi seperti biasa. Namun, ada kemungkinan operasi penerbangan dihentikan jika aktivitas gunung terus meningkat. Negara terdekat dari Bali, Asutralia, sudah memberikan peringatan kepada masyarakat untuk menunda perjalanan ke Bali karena situasi ini.

Gunung Agung memiliki tinggi 3.000 mdpl dan terletak di bagian timur Bali. Gunung Agung termasuk di antara sekitar 130 gunung api aktif di Indonesia.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar