Air Terjun Silima-lima, Lokasi Wisata Tersembunyi di Tapanuli Selatan

Air Terjun Silima-lima, Lokasi Wisata Tersembunyi di Tapanuli Selatan

Lokasi Air Terjun Silima-lima (Ist)

(rel/rzd)

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 20:59

Analisadaily (Tapanuli Selatan) - Kekayaan alam bumi Tapanuli Selatan di Sumatera Utara (Sumut) begitu memesona. Banyak tempat yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang mau berliburan.

Sebut saja salah satunya tempat Wisata Air Terjun Silima-lima yang terdapat di Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pengiat Lingkungan Hidup dan Rakyat dari Jaringan Advokasi Masyarakat Marjinal (JAMM) Hendra Hasibuan mengatakan, jika pengin berkunjung ke Air Terjun Silama-lima, bisa menikmati berbagai panorama alam yang begitu asri.

“Jarak dari tempat parkir menuju lokasi Air Terjun Silima-lima berkisar kurang lebih 700 meter. Kita dapat berjalan menyusuri tangga yang berada di punggung bukit,” kata Hendrawan, yang juga Ketua DPW SHI (Sarekat Hijau Indonesia) Sumut, Sabtu (12/10).

Sepanjang jalur menuju Air Terjun Silma-lima, pengunjung bisa menikmati banyak berbagai hal untuk selfie, misalnya selfie di batu jodoh, di papan pesan-pesan moral untuk menjaga hutan lingkungan, dan selfie di pohon-pohan yang panjang dan besar.

Sesampainya di lokasi Air Terjun Silima-lima, ada jembatan yang akan kita lewati. Setelah melewati jembatan itu, pengunjung akan menemukan air yang keluar dari dalam batu, dan air itu dinamakan Air Jodoh atau Air Awet Muda.

“Air jodoh atau Air Awet Muda ini memiliki cerita unik. Menurut masyarakat, siapa yang melakukan cuci muka di air itu, biasanya akan mendapatkan jodoh bagi yang belum menikah. Sementara bagi yang sudah menikah, akan terlihat muda setelah mencuci muka di air tersebut,” sebut Hendrawan.

Lokasi Air Terjun Silima-lima (Ist)

Lokasi Air Terjun Silima-lima (Ist)

Masyarakat Kader Konservasi, Alex Ritonga menuturkan, pernah beberapa waktu lalu ada pengunjung dari daerah yang jauh mengetahui cerita itu. Lalu pengunjung itu datang khusus berkunjung ke Air Terjun Silima-lima.

“Pengunjung itu datang hanya untuk memcuci mukanya di Air Jodoh atau Air Awet Muda. Harapannya agar bisa mendapatkan jodoh dan terlihat awet muda,” ungkapnya.

Lokasi Air Terjun Silima-lima (Ist)

Lokasi Air Terjun Silima-lima (Ist)

Alex menilai, kemungkinan hal tersebut hanyalah cerita mitos saja. Sebab jodoh sudah ditentukan oleh Tuhan. Namun diakuinya, hal itu menjadi cerita rakyat, yang akhirnya membuat daya tarik untuk pengunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Khususnya di Tempat Wisata Air Terjun Silima-lima ini,” Alex menandaskan.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar