Ada Kemungkinan Pluto Kembali Masuk Kategori Planet?

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Ada Kemungkinan Pluto Kembali Masuk Kategori Planet?

Pluto (Universe Today)

Sabtu, 12 Mei 2018 | 10:59

Analisadaily - Perdebatan lama tentang Pluto yang masuk kategori planet atau tidak kembali hangat dibicarakan ilmuwan. Selama lebih dari 75 tahun setelah penemuannya di tahun 1930, Pluto dianggap sebagai planet kesembilan tata surya kita.

Lokasinya yang jauh dari matahari membuat International Astronomical Union (IAU) mengklaim, Pluto bukanlah sebuah planet, namun bintang. Menurut definisi IAU, sebuah planet harus memenuhi tiga kriteria.

Pertama, planet harus mengorbit matahari, bukan satelit obyek lain, dan memiliki gravitasi sendiri. Selain itu, sebuah planet harus memiliki orbit yang bersih, termasuk memiliki kemampuan untuk menyingkirkan objek lain ke luar lintasan orbitnya.

Pluto dinilai gagal memenuhi kriteria terakhir. Pluto tidak mengitari matahari, namun bergerak di Sabuk Kuiper, yakni kawasan di tepi tata surya. Kesimpulannya, Pluto tak sendirian di jalur orbitnya, kemudian digolongkan sebagai planet kerdil.

Menanggapi IAU, ilmuwan David Grinspoon, menerbitkan sebuah buku tentang flyby Pluto, berjudul Chasing New Horizons: Inside the Epic First Mission to Pluto. Grinspoon menyatakan Pluto adalah sebuah planet.

"Kriteria ini tidak tepat dan meninggalkan banyak kasus batas, tetapi yang lebih buruk adalah mereka memilih definisi yang mengurangi keterlibatan fisik pada Pluto yang sebenarnya adalah planet potensial," kata Grinspoon, seperti dilansir dari Fox News, Sabtu (12/5).

"Ini mengarah pada banyak kesimpulan aneh dan tidak masuk akal. Artinya, Bumi bukanlah planet dalam sejarah 500 juta tahun pertama, karena ia mengorbit di antara segerombolan puing," lanjutnya.

"Fakta yang sederhana adalah Pluto salah klasifikasi ketika pertama kali ditemukan."

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar