5 Hal Menarik Bisa Dipelajari Si Kecil Ketika Bermain di Kidzania

5 Hal Menarik Bisa Dipelajari Si Kecil Ketika Bermain di Kidzania

(FOTO: Istimewa/mommiesdaily)

(rel/rzd)

Kamis, 21 Maret 2019 | 15:36

Analisadaily - Masa kanak-kanak adalah masa untuk bermain. Melalui permainan, anak-anak akan lebih mudah mempelajari sesuatu, baik keahlian tertentu maupun nilai-nilai, seperti tanggung jawab, kejujuran, ketekunan, sportivitas, dan sebagainya.

Selain dapat bermain dalam keseharian di rumah, anak juga bisa diajak sesekali mencoba sarana permainan yang dirancang khusus untuk mereka. Salah satunya, Kidzania, tempat wisata di Jakarta yang mengajarkan banyak hal menarik bagi si kecil. Berikut di antaranya:

1. Anak dapat merancang cita-citanya sejak kecil

Kidzania adalah “kota” nya anak-anak. Di sini, anak bisa bermain peran dengan memilih profesi tertentu, seperti chef, dokter, polisi, pilot, dan sebagainya. Memperkenalkan anak dengan profesi-profesi tersebut, beserta pekerjaannya akan membuat anak lebih paham dan dapat mulai merancang cita-citanya sejak kecil.

Bagi yang ingin menjadi dokter, misalnya, ia tahu bahwa tanggung jawabnya adalah merawat dan menyembuhkan orang sakit. Demikian juga ketika memilih profesi pemadam kebakaran, polisi, guru, dan profesi lainnya. Membuka wawasan anak mengenai profesi yang bisa dipilihnya akan membuatnya semakin berpikiran luas.

2. Anak memiliki empati kepada orang lain sesuai profesinya

Jika tidak diajari, empati anak terhadap orang lain tidak akan tumbuh optimal. Empati akan membuatnya lebih peduli dan memerhatikan orang-orang yang berbeda dengannya. Nah, untuk membangun empati, anak harus diperkenalkan kepada hal-hal tersebut.

Demikian pula halnya jika ingin membuat anak mudah berempati kepada orang lain sesuai profesinya, tentu akan sangat bermanfaat ketika ia dewasa nanti. Sebagai contoh, ketika mengenal profesi chef, anak akan lebih menghargai makanan yang disajikan karena ia tahu bahwa memasak itu tidak mudah. Anak juga belajar untuk tidak takut pada polisi karena paham pekerjaan mereka sebenarnya tentang apa.

3. Anak dapat mempelajari keahlian tertentu

Mengajak anak ke Kidzania akan memberinya kesempatan untuk mempelajari keahlian tertentu. Di tempat ini, ada banyak aktivitas yang ditujukan bagi anak-anak untuk melatih keterampilan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, aktivitas memasak yang bisa dilakukan di Baking Center.

Melalui aktivitas memasak, anak belajar untuk berkomunikasi serta dapat melatih kemampuan motorik. Anak juga memperoleh pemahaman tentang teknik dasar memasak dan bahan-bahan dasar makanan.

4. Anak dapat bermain sambil belajar

Salah satu cara belajar yang paling efektif adalah belajar melalui pengalaman. Konsep inilah yang diusung oleh Kidzania Jakarta. Dengan memberikan pengalaman kepada anak-anak, diharapkan pengetahuan anak akan bertambah. Pengalaman tentu lebih banyak manfaatnya dibandingkan sekadar teori yang dijejalkan melalui bangku sekolah.

Nah, selain belajar, anak juga bisa sekaligus bermain dan seru-seruan bersama teman-temannya. Hal ini membuatnya lebih bahagia dan selalu menantikan kesempatan berikutnya.

5. Anak belajar untuk memilih yang sesuai dengan bakatnya

Ada banyak pilihan profesi dan aktivitas yang tersedia di Kidzania. Di sini, ia bisa memilih sendiri apa yang ia inginkan dan orangtua juga bisa belajar untuk memberikan kesempatan kepada anak. Setelah memilih, ia belajar untuk menerima konsekuensi atau risiko yang harus dihadapi. Sebagai contoh, ketika memilih untuk menjadi chef, ia harus siap mengaduk adonan dan memasak.

Demikian 5 hal penting yang bisa dipelajari anak ketika bermain di Kidzania. Menarik, bukan? Nah, jika Anda berasal dari luar kota, tetapi ingin si kecil menikmati pengalaman di tempat ini, tak perlu bingung. Pesanlah penginapan di Airy Rooms, jejaring hotel terbesar di Indonesia. Di sini, ada banyak pilihan hotel murah di Jakarta Pusat. Meskipun demikian, fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap untuk kenyamanan pengguna. Jadi, Anda dan keluarga bisa tetap menikmati wisata singkat ini dengan menyenangkan.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar