10 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Penulis: Reza Perdana

10 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Ilustrasi (Pixabay)

Rabu, 6 November 2019 | 22:36

Analisadaily - Banyak wanita tahu apa yang harus mereka makan saat hamil. Namun, menghindari makanan tertentu sama pentingnya dengan makan makanan yang tepat. Jaga agar diri Anda dan bayi tetap aman dan sehat dengan menghapus item tertentu dari menu.

Saat melakukannya, terus menjaga pola makan seimbang sehingga bayi Anda berkembang dengan baik.

Dilansir dari Asia One, Rabu (6/11), berikut 10 item makanan terburuk saat Anda hamil, dan bagaimana pengaruhnya terhadap Anda dan bayi.

1. Ikan mengandung merkuri

Hindari makan ikan yang mengandung banyak merkuri seperti ikan pedang, king mackerel, atau hiu. Elemen ini menunda perkembangan bayi secara keseluruhan dan dapat menyebabkan cacat neurologis.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) menyarankan untuk membatasi porsi mingguan ikan rendah merkuri hingga 8-12 ons, seperti salmon, tuna, dan cod. Tapi pastikan semuanya matang sepenuhnya!

2. Telur mentah

Ini mungkin menjadi bagian dari rutinitas latihan pagi Anda sebagai protein cepat. Bagaimanapun, ini seperti pil multi-vitamin! Tetapi telur mentah mengandung risiko salmonella, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius pada anak Anda yang belum lahir.

Hindari saus dan produk makanan dengan telur mentah seperti mousse cokelat dan saus salad. Telur baik-baik saja jika Anda merebus atau menggorengnya.

3. Keju yang tidak panas

Jika Anda suka keju, perhatikan! Keju lunak yang tidak dipasteurisasi seperti camembert, gorgonzola, dan keju biru membawa bakteri Listeria. Ini dapat menyebabkan listeriosis, yang menyebabkan keguguran dini!

Keju yang dipasteurisasi aman, tetapi periksa labelnya sebelum membeli atau memakannya!

4. Daging beku

Dari makanan terburuk selama kehamilan yang bisa Anda makan, daging mentah secara universal diketahui masuk daftar hitam. Steak mentah atau ayam setengah matang juga membawa listeria.

Pastikan daging Anda selalu dimasak dengan matang. Anda dapat menikmati semua steak langka setelah si kecil keluar!

5. Jus segar

Cobalah untuk menghindari jus segar dari restoran. Ada kemungkinan bahwa itu tidak dipasteurisasi, yang berarti minuman yang tampaknya tidak berbahaya ini membawa risiko salmonella dan E.coli.

Saat membeli jus buah dari supermarket, periksa labelnya untuk melihat apakah sudah dipasteurisasi terlebih dahulu.

6. Kecambah mentah

Kecambah mentah, seperti kecambah, adalah bahan pokok dalam hidangan tertentu seperti Pho. Namun, makanan dari keluarga sayuran ini, seperti brokoli, kembang kol, lobak, dan bahkan bawang, diketahui membawa salmonella, listeria, dan E.coli.

Jika Anda memasak di rumah, pastikan kecambah Anda sudah matang sepenuhnya. Jika Anda memesan, hapus ini dari piring jika Anda tidak yakin, atau pesan hidangan alternatif sekaligus.

7. Daging deli

Akan lebih mudah untuk memasukkan sandwich atau makan sambil bepergian. Namun, daging ini diketahui mengandung listeria. Memasak daging pada suhu tinggi membuatnya aman untuk dimakan.

Jika itu merusak cita rasa atau kenikmatan daging deli, maka pertimbangkan untuk tidak membelinya sekarang!

8. Sereal

Semangkuk sereal mengandung serat dan nutrisi untuk meningkatkan pertumbuhan yang sehat untuk bayi Anda yang belum lahir. Tetapi pastikan untuk membaca kemasannya sebelum membeli sebuah kotak. Periksa nilai gula tinggi yang dapat berkontribusi terhadap diabetes gestasional.

Bahkan jika nilai gula tampaknya rendah, waspadalah terhadap pengganti gula licik dalam bentuk aditif, terutama sakarin. Sakarin dapat menyebabkan kerusakan kandung kemih pada bayi Anda.

9. Makanan beku

Saat Anda kekurangan waktu, makanan beku yang sudah dibeli dari supermarket sepertinya merupakan pilihan yang paling mudah. Tetapi demi kesehatan Anda, hindari makan makanan ini selama kehamilan Anda.

10. Kafein

Mengkonsumsi lebih dari 200 mg kafein setiap hari telah dikaitkan dengan efek samping yang merugikan, seperti keguguran. Ini setara dengan 12 ons kopi. Tetapi perhatikan bahwa produk lain mungkin mengandung kopi! Aturan umum adalah untuk mengurangi, jika tidak memotong kopi dari diet Anda saat hamil.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar